Siapkan Personel dan Samakan Persepsi Dalam Rangka Operasi Keselamatan Turangga 2024, Polres Rote Ndao Gelar Latihan Pra Operasi di Mapolres

Siapkan Personel dan Samakan Persepsi Dalam Rangka Operasi Keselamatan Turangga 2024, Polres Rote Ndao Gelar Latihan Pra Operasi di Mapolres
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. saat menyematkan puta tanda operasi kepada perwakilan dalam kegiatan Lat Pra Ops Keselamatan Turangga 2024 di Aula Wirasatya, Sabtu (02/03).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Polres Rote Ndao menggelar Lat Pra Ops (Latihan Pra Operasi) Keselamatan Turangga 2024, dalam rangka menyiapkan personel serta menyamakan persepsi serta cara bertindak jelang pelaksanaan operasi, yang dilaksanakan di Aula Wirasatya Mapolres, Sabtu (02/03/2024).

Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. yang didampingi Wakapolres AKBP Nathonius Mengga memimpin dan membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Secara simbolis, kegiatan dibuka dengan menyematkan tanda peserta kepada personel perwakilan dari Satuan lalu-lintas.

Dalam sambutan singkatnya, Kapolres menyampaikan bahwa Latihan Pra Operasi ini sebagai langkah persiapan serta menyamakan persepsi bagaimana nantinya dalam melaksanakan “Ops Keselamatan Turangga 2024”. Dengan mengedepankan fungsi lalu lintas sasaran yang akan dicapai diantaranya turunnya angka kecelakaan, dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas dapat terwujud.

“Pahami dengan baik bagaimana cara bertindak dalam operasi ini, fungsi lalu-lintas yang dikedepankan untuk itu personel yang terlibat agar melaksanakan secara edukatif dan humanis sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” pinta Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres juga menekankan agar nantinya dalam pelaksanaan operasi agar dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab serta tidak melakukan tindakan kontraproduktif yang dapat mencoreng nama institusi.

Dalam kesempatan tersebut, Wakapolres juga menambahkan agar Sat Lantas berkoordinasi dengan Sat Intelkam untuk memetakan tempat-tempat atau lokasi yang rawan kecelakaan serta rawan gangguan kamseltibcarlantas.

“Operasi mengedepankan lantas, namun dalam pelaksanaannya bukan hanya lantas namun ada fungsi pendukung lainnya, untuk saya minta nantinya Lantas berkoordinasi dengan Intelkam untuk memetakan tempat-tempat atau lokasi yang rawan kecelakaan serta rawan gangguan kamseltibcarlantas,” harap Waka.

Waka juga berharap dalam pelaksanaan operasi nanti hasil akhirnya harus ada perubahan dalam perilaku berlalulintas oleh Masyarakat, dirinya berharap operasi ini bukan hanya berjalan begitu saja namun ada efek kepada seluruh pengguna jalan.

“Paling tidak masyarakat menjadi patuh dan taat saat berkendara, misal masih ada yang naik sepeda motor tidak pakai helm, paling tidak usai operasi ini masyarakat menjadi sadar dan taat akan aturan lalu-lintas,” pinta Waka.

Usai acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan paparan oleh Kabag Ops Polres Rote Ndao dan kemudian pemaparan materi oleh para instruktur Lat Pra Ops diantaranya Kasat Intelkam, Kasat Lantas, Kasat Reskrim dan Kasiwas. (6n)