Bhabinkamtibmas Sumantri, Inovator Perpustakaan Keliling Di Ujung Pulau Rote

Bhabinkamtibmas Sumantri, Inovator Perpustakaan Keliling Di Ujung Pulau Rote
Inilah aksi Brigadir Sumantri saat memberi dan membagikan ilmu kepada anak-anak dengan perpustakaan kelilingnya

www.tribratanewsrotendao.com, Rote – Senyum para anak-anak langsung mengembang saat melihat kedatangan Brigadir Sumantri. Bukan karena kedatangannya memberikan hadiah, namun lebih dari itu, yang dibawa adalah hadiah seumur hidup yaitu ilmu.

Bagaimana tidak, kedatangan Bhabinkamtibmas Desa Kolobolon ini datang dengan membawa sepeda motor dinasnya yang telah dimodifikasi menjadi perpustakaan keliling, Jumat (06/03/2020).

Ya, begitulah aktivitas Sumantri dalam pekerjaannya. Sebagai seorang Bhabinkamtibmas, Sumantri berkewajiban untuk membina warga desa binaannya agar sadar hukum serta menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan di wilayahnya masing-masing.

Tak hanya itu, Bhabinkamtibmas ini membuat program inovasi berupa perpustakaan keliling. Motor dinas Bhabinkamtibmasnya dimodifikasi sedemikian rupa oleh Sumantri hingga bisa membawa puluhan buku.

Tak hanya buku pelajaran khususnya pelajar Sekolah Dasar, buku lainnya juga dibawanya seperti buku cerita dan juga buku ilmu pengetahuan umum lainnya.

Pada hari-hari tertentu Bhabinkamtibmas Polsek Lobalain ini dating dan membawa buku dengan perpustakaan kelilingnya.

“ Awalnya saya hanya membawa beberapa buku, tidak banyak namun ada, tapi syukur sekarang buku-buku itu semakin bertambah, ada yang pemberian dari rekan kerja, kenalan dan ada juga yang saya beli sendiri, “ jelas Brigadir Sumantri.

Idenya membuat perpustakaan keliling ini, menurut Sumantri karena ia merasa iba dan sedih melihat anak-anak di ujung selatan Pulau Rote ini tidak memiliki akses untuk melihat dunia. Selain itu juga ia mendapat saran usul dari sesame rekan kerja untuk membuat inovasi yang sekiranya dapat menyentuh masyarakat langsung.

Menurutnya bekerja sambil bermain itu menyenangkan, apalagi dengan anak-anak. “ Setiap saya dating pasti anak-anak sudah tersenyum da nada pula yang tertawa lebar, melihatnya saja sudah senang sekali, inilah yang membuat saya semakin semangat dalam memberi pelayanan kepada masyarakat, “ ujar Sumantri.

Kesempatan ini digunakan oleh Sumantri untuk memberikan pesan Kamtibmas, sadar hukum dan tertib berlalu lintas, juga kenakalan remaja kepada para anak-anak. Anak-anak itu cepat menyerap, apa yang mereka dengar dan lihat pasti mereka akan lakukan, oleh karena itu sejak dini perlu kita berikan masukkan hal yang positif dan membangun, imbuhnya

Ia bersyukur karena keberadaan perpustakaan keliling yang dilakukannya ini berdampak positif. Tidak hanya ia bisa menjalin kedekatan dengan masyarakat, ia merasakan kepuasan tersendiri saat bekerja dan juga anak-anak menjadi akrab dengan Polisi. (6”nur)