Pj. Bupati Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2024 di Mapolres Rote Ndao

Pj. Bupati Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2024 di Mapolres Rote Ndao
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, S.H., M.H. yang didampingi Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. saat menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan dalam acara apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Turangga 2024 di Mapolres Rote Ndao, Sabtu (02/03).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Turangga 2024 dalam rangka jelang perayaan Idul Fitri 1445 H dan pencanangan Aksi Keselamatan di Jalan serta mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas yang aman, nyaman serta meningkatkan simpati masyarakat kepada Polisi Lalu Lintas digelar Polres Rote Ndao pagi ini di lapangan apel Mapolres, Sabtu (02/03/2024).

Apel gelar pasukan dipimpin Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, S.H., M.H. yang didampingi Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. dengan Perwira Apel Kapolsek Rote Timur IPTU Yohn F. Kotta, serta Komandan Apel Kasat Lantas IPDA Ferdi A. Ndaomanu, SH.

Apel gelar pasukan ditandai dengan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan dari masing-masing instansi TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja, juga pembacaan ikrar Keselamatan Berlalu-lintas oleh duta keselamatan dari anggota Pramuka.

Dalam amanat Kapolres yang dibacakan oleh Pj. Bupati, Kapolres mengatakan bahwa apel gelar pasukan keselamatan yang dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas di wilayah Rote Ndao untuk menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, serta kelancaran lalu lintas menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024.

“Operasi Keselamatan Turangga tidak hanya merupakan sebuah acara rutin, namun juga menjadi panggilan tugas bagi kita untuk melindungi dan memastikan keselamatan setiap individu yang berada di jalan raya. Operasi ini menunjukkan komitmen kita untuk menjaga ketertiban dan keselamatan masyarakat, terutama dalam menghadapi berbagai tantangan yang dihadapi ditengah-tengah perkembangan infrastruktur dan mobilitas yang semakin pesat,” ucapnya.

Lanjutnya, selain pelaksanaan operasi keselamatan turangga, hari ini kita juga akan melakukan pencanangan aksi keselamatan jalan serentak. Kiranya melalui aksi ini, tidak hanya meningkatkan kesadaran, namun juga mengimplementasikan tindakan konkret untuk meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Pencanangan aksi keselamatan jalan serentak merupakan langkah proaktif kita untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Melalui kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan stakeholder terkait, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan kondusif bagi semua pengguna jalan. Untuk itu, saya mengajak kita sekalian agar bersama-sama menjalankan program-program edukasi, penegakan hukum, dan perbaikan infrastruktur yang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, ajaknya.

Mengakhiri amanatnya, Kapolres melalui Pj. Bupati menekankan kepada seluruh jajaran Polres Rote Ndao, untuk :

  1. Melaksanakan deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas;
  2. Melaksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang kamseltibcarlantas dengan kegiatan sosialisasi, penyuluhan, melalui pemasangan spanduk, banner, baliho,
  3. Penyebaran leaflet dan stiker serta melalui media cetak, media elektronik, dan mediasosial;
  4. Hindari tindakan kontra produktif yang dapat merusak citra polri;
  5. Lakukan operasi keselamatan ini dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat;
  6. Kita wujudkan kamseltibcarlantas yang mantap
  7. Selalu memanjatkan doa agar operasi keselamatan tahun 2024 yang dilaksanakan dapat memberikan dampak dan manfaat bagi masyarakat.

Akhirnya dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, saya mengucapkan “selamat melaksanakan tugas operasi kepolisian dengan sandi Operasi Keselamatan Turangga 2024”, semoga seluruh kegiatan dapat berjalan denga naman dan lancar, tutupnya.

Adapun susunan Pasukan Apel Gelar Oprasi Keselamatan Turangga 2024 sebagai berikut 1 (satu) Regu Lanal Pulau Rote, 1 (satu) Regu Kodim 1627/Rotendao, 1 (satu) Regu Personel Sat Pol PP, 1 (satu) Regu Dinas Perhubungan, 1 (satu) Regu staf Samsat dan 1 (satu) Regu pelajar SD.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan diantaranya, Wakapolres AKBP Anthonius Mengga, Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao Budi Nasranto, SH, mewakili Dandim 1627/RN Pasi Ops Letda Inf. David Mooy, mewakili Danlanal Pulau Rote Lettu laut (PM) Heru, Danpos AU Bandar Udara D. C. Saudale Letda (Lek) Handri Hidayana, Perwakilan Pengadilan Negeri Rote Ndao Asisten 1 Setda Rote Ndao Ir. Untung Hardjito, Kabag Umum Setda Rote Ndao Handryans Bessie, Kepala UPTD Samsat Kabupaten Rote Ndao Petrus Manehat, Kasat Pol PP Kab. Rote Ndao Yehezkiel Messakh, Para PJU Polres dan Kapolsek Jajaran.

Diketahui bahwa Operasi Keselamatan Turangga 2024 akan digelar serentak di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia sejak tanggal 04 Maret hingga 17 Maret 2024 mendatang. (6n)