Sambangi Universitas Nusa Lontar, Kapolda NTT Berikan Kuliah Umum Kepada Seluruh Mahasiswa

Sambangi Universitas Nusa Lontar, Kapolda NTT Berikan Kuliah Umum Kepada Seluruh Mahasiswa
Foto bersama Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum yang didampingi PJU Polda serta Kapolre Rote Ndao bersama dengan Rektor dan para Dosen Universitas Nusa Lontar, Senin (04/09).

www.tribratanewsrotendao.com  –  Rote, Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Drs. Johni Asadoma, M.Hum mengunjungi Universitas Nusa Lontar yang terletak di Kelurahan Modale, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Senin (04/09/2023).

Turut dalam rombongan Kapolda diantaranya Karorena Polda NTT Kombes Pol R. Dadik Junaidi Supri Hartono, Kepala SPN Polda NTT Kombes Pol Nanang Putu Wardianto, S.ST, MK., Kabid Propam Polda NTT Kombes Pol Dr. Dominicus S. Yempormase, MH., Kabiddokkes Polda NTT Kombes Pol dr. Sudaryono dan Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P.

Dalam kunjungan ini, Kapolda diagendakan akan menemui para mahasiswa dan memberikan kuliah umum dengan tema “Strategi pencegahan dan penindakan kejahatan Cyber untuk mewujudkan ruang digital yang bersih, sehat, beretika dan produktif di Provinsi NTT”.

Dalam sambutan pembuka kegiatan, Rektor Unstar Daniel Babu, SH, MH mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi ihak Unstar Rote, dimana daat dikunjungi oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Johni Asadoma, M.Hum. yang merupakan salah satu putra terbaik NTT.

Selanjutnya Rektor juga menceritakan bagaimana sejarah Unstar dapat berdiri di Kabupaten Rote Ndao sejak tahun 2001 yang lalu.

“Unstar bediri sejak 2001 lalu, dengan berjalannya waktu Unstar terus berbenah dan berkembang hingga menghasilkan wisuda hingga ke 12 dengan jumlah alumni sebanyak 1.226 orang, mahasiswa aktif saat ini 168 orang dan dari Polres Rote Ndao sendiri menyumbangkan 39 orang alumni”, jelas Daniel Babu.

Dirinya pun mengungkapkan bahwa selama ini Unstar dan Polres Rote Ndao telah menjalin kerjasama dalam rangka perbaikan SDM di Polres Rote Ndao.

Kepada para Mahasiswa, Kapolda NTT memberikan paparannya mengenai perkembangan teknologi di era Industry 4.0, serta pentingnya peran Cyber Security dalam melindungi infrastruktur jaringan dari ancaman siber hack.

Kapolda berharap informasi tersebut dapat membantu para Mahasiswa dalam memahami dan menghadapi tantangan keamanan siber di masa depan.

“Zaman sekarang serba teknologi, semua serba digital dan pastinya berhubungan dengan dunia cyber, oleh karena itu saat ini kita harus siap menghadapi berbagai perkembangan teknologi di era Industry 4.0, bersamaan dengan itu pentingnya peran Cyber Security dalam melindungi infrastruktur jaringan dari berbagai ancaman cyber”, jelas Kapolda.

Selanjutnya, Kapolda juga menjelaskan beberapa jenis kejahatan siber yang sering terjadi, seperti phishing, DDoS, malware, cyberstalking, dan lain-lain.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, para Mahasiswa berkesempatan untuk bertanya dan berdiskusi mengenai topik yang telah dipaparkan oleh Kapolda NTT.

Acara itu ditutup dengan penyerahan plakat dari Kapolda NTT kepada Rektor Universitas Nusa Lontar sebagai tanda terima kasih atas kesempatan memberikan kuliah umum di kampus tersebut. (6n)