Sambut Perayaan Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Rote Ndao Gelar Bakti Sosial Pembersihan Sumber Air Oemau

Sambut Perayaan Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Rote Ndao Gelar Bakti Sosial Pembersihan Sumber Air Oemau
Personel Polres Rote Ndao dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Rote Ndao Ny. Yuli Mardiono bersama pengurus Bhayangkari dan PJU Polres saat melaksanakan kegiatan Bakti Sosial pembersihan sumber air Oemau di Desa Persiapan Loman, Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalain, Kamis (20/06).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Mata Air Oemau yang berada di dalam wilayah Kota Ba'a, ibukota Kabupaten Rote Ndao yang tepatnya di Desa Mokdale Kecamatan Lobalain merupakan salah satu sumber air untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat di Kota Ba’a dan sekitarnya.

Debit sumber mata air yang cukup besar dan berada di dalam wilayah kota, membuat tempat ini oleh pemerintah Kabupaten ditata menjadi tempat sumber air baku untuk kebutuhan warga.

Tak hanya itu, debit air yang tidak pernah mengering meskipun di musim panas, maka sumber mata air tersebut dibendung agar airnya dapat ditampung dan ditinggikan muka airnya, untuk mengairi lahan pertanian warga di sekitarnya dan air yang tertampung di kolam dimanfaatkan warga sebagai kolam tempat pemandian.

Hal inilah yang mendasari Polres Rote Ndao untuk peduli akan keberlangsungan sumber air, dan melalui moment Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024 sumber air Oemau menjadi salah satu sasaran dalam kegiatan Bakti Sosial.

Bakti sosial yang dilaksanakan oleh personel Polres Rote Ndao dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Rote Ndao Ny. Yuli Mardiono bersama pengurus Bhayangkari, Kamis (20/06/2024).

Selain itu hadir PJU Polres diantaranya Kasat Narkoba AKP Marthen Antonius Balukh, Kasat Samapta IPTU Naftali Johannis Eduard Lede, S.H., Kasiwas IPTU Frits O. Matly dan Kapolsek Lobalain IPTU I Nyoman Suwasta, hadir juga Lurah Mokdale Anderias Boik S.E, Kepala Desa Persiapan Loman Petrus Bolla serta Masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan, personel membersihkan sekitar areal sumber air Oemau, sampah plastik, daun kering serta sampah lainnya dipungut dan dimasukkan dalam kantung plastik yang sudah disediakan selanjutnya dibuang di tempat pembuangan sampah.

Dalam kesempatan ini Kapolres berharap kiranya dengan kegiatan positif ini dapat memberikan dampak yang baik bagi masyarakat pada umumnya. Dikatakannya, sumber air Oemau ini merupakan salah satu sumber air vital bagi kebutuhan masyarakat di Kota Ba’a dan sekitarnya, oleh karena itu harus selalu dijaga akan kebersihan dan juga kemurnian airnya.

“Sumber air Oemau ini merupakan salah satu sumber air bagi kebutuhan sehari-hari masyarakat, ini harus kita jaga dan rawat terutama akan kebersihan lingkungan dan juga sekaligus kemurnian airnya, kita harapkan masyarakat yang datang tidak membuang sampah sembarangan karena itu bisa mencemari air”, ujar Kapolres.

Sementara itu Lurah Mokdale yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, mengucapkan terima kasih kepada jajaran Polres Rote Ndao yang telah peduli dan membantu dalam menjaga kebersihan sumber air Oemau.

“Saya atas nama masyarakat dan juga pemerintahan mengucapkan limpah terima kasih kepada Polres Rote Ndao dan jajarannya, dimana telah menunjukkan aksi nyata untuk peduli dan bersama menjaga kebersihan di sekitar sumber air Oemau”, ucap Lurah.

Dan melalui kesempatan ini saya juga mewakili masyarakat dan Pemerintah Kelurahan Mokdale mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke-78, semoga Polri kedepannya semakin jaya dan sukses, imbuhnya.

Usai pembersihan di sumber air Oemau, Kapolres dan rombongan melanjutkan perjalanan untuk meninjau kegiatan sama yang dilaksanakan di Pantai Tiang Bendera Desa Baadale. (6n)