Pastikan Pemilu Aman dan Lancar, Polres Rote Ndao Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Jelang Hari Pencoblosan

Pastikan Pemilu Aman dan Lancar, Polres Rote Ndao Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Jelang Hari Pencoblosan
Kapolres Rote Ndao AKBP MArdiono, S.ST, M.K.P. bersama Asisten 2 Kabupaten Rote Ndao Armis Saek, ST saat memimpin Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakorlinsek) dalam rangka pengamanan pemungutan suara dan rekapitulasi hasil pemilu tingkat kecamatan (PPK) dan tingkat Kabupaten di Mapolres Rote Ndao, Rabu (07/02).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Polres Rote Ndao menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral (Rakorlinsek) dalam rangka pengamanan pemungutan suara dan rekapitulasi hasil pemilu tingkat kecamatan (PPK) dan tingkat Kabupaten di Mapolres Rote Ndao, Rabu (07/02/2024).

Rapat yang melibatkan unsur TNI-Polri bersama Pemerintah Daerah serta instansi terkait lain tersebut dihadiri diantaranya oleh Bupati Rote Ndao yang diwakili Asisten 2 Armis Saek, ST, Dandim 1627/Rotendao Letkol Inf. Albert Inkiriwang, S.I.P, Danlanal Pulau Rote Letkol. Mar. Nikodemus Balla, M. Tr Opsla, Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao Budi Narsanto, S.H, Ketua Pengadilan Negeri yang diwakili Hakim Pengadilan Soleman D. Tamaala, SH, Ketua KPUD Agabus Lau, Ketua Bawaslu yang diwakili Sekretaris Bawaslu Marthinus Allo, SH., Wakapolres AKBP Anthonius Mengga, Kepala Stasiun BMKG Prima Amalo, Sekretaris Disdukcapil Dani Tungga, Korwil BIN Daerah Rote Ndao Rafly Abel, Perwakilan Sat-Pol PP Kabupaten Rote Ndao, Perwakilan Diskoperindag Kabupaten Rote Ndao Para pengawas dan penanggungjawab SPBU Pantai Baru, Busalangga dan Metina serta para PJU Polres Rote Ndao.

Membuka kegiatan rapat, Kapolres Rote Ndao AKBP MArdiono, S.ST, M.K.P. memaparkan kesiapan Polres Rote Ndao dalam pengamanan Pemilu Serentak Tahun 2024, diungkapkan Kapolres secara garis besar berkaitan dengan data situasi wilayah secara umum, perkiraan kerawanan Pemilu, kerawanan TPS dan pola Pengamanan, ploting personel, rencana kebutuhan personel BKO Polda NTT, bantuan TNI dan rencana pengamanan distribusi logistik Pemilu.

“Kegiatan rapat ini digelar untuk merumuskan persamaan persepsi dalam kegiatan Pemilu terutama jelang Pencoblosan dan Penghitungan Suara, apabila kedepannya terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, maka diperlukan peran serta kita semua baik dari Pemerintah Daerah, TNI-Polri serta pihak lainnya yang terkoordinasi dengan baik sehingga semua dapat berjalan sesuai yang diinginkan,” tutur Kapolres.

Dalam kesempatan tersebut Dandim dan Danlanal secara garis besar juga menyampaikan kesiapan serta kesediaan dalam mendukung Pemilu 2024, serta siap bekerjasama dan berkolaborasi bersama Polres Rote Ndao untuk pengamanannya.

Sementara itu, Asisten II Pemkab Rote Ndao mengapresiasi langkah Polres Rote Ndao yang telah menggelar Rapat Lintas Sektoral dalam rangka Pemilu 2024, dikatakannya bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama dan sinergitas antara pemerintah daerah dan TNI – Polri serta pihak lainnya dalam mengambil sikap dan langkah di lapangan jika terjadi permasalahan dalam Pemilu 2024.

Lebih lanjut dirinya berharap agar seluruh rangkaian dan tahapan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Rote Ndao dapat berjalan denga naman dan lancar.

Tak hanya Pemerintah Daerah dan TNI-Polri yang telah menyampaikan kesiapan dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, perwakilan penanggungjawab atau pengawas SPBU di wilayah Kabupaten Rote Ndao juga menyampaikan tentang kesiapan dan ketersediaan BBM untuk menunjang setiap operasional kendaraan yang berkaitan dengan teknis-teknis pengamanan Pemilu.

“Kami siap pak, untuk mendukung itu kami akan tambah jam operasional SPBU untuk melayani kebutuhan kendaraan-kendaraan yang terlibat dalam operasi pengamanan, pada prinsipnya Pemilu adalah pesta kita bersama oleh karena itu kami dukung penuh,” ujar Alvian, salah satu pengelola SPBU. (6n)