Gelar Simulasi Pencoblosan Pemilu 2024, KPUD Bersama Polres Rote Ndao Beri Pengetahuan Ke Masyarakat

Gelar Simulasi Pencoblosan Pemilu 2024, KPUD Bersama Polres Rote Ndao Beri Pengetahuan Ke Masyarakat
Foto bersama Kapolres Rote Ndao Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. dengan para peserta Simulasi Pencoblosan TPS di Aula Kantor Camat Rote Selatan, Kamis (08/02).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Bertempat di Aula Kantor Camat Rote Selatan berlangsung Kegiatan Simulasi TPS Real Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh KPUD Kabupaten Rote Ndao, Kamis (08/02/2024).

Kegiatan ini digelar sebagai bentuk persiapan dan gambaran serta edukasi kepada Masyarakat dalam pemungutan suara yang akan dilangsungkan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Dalam simulasi ini melibatkan seluruh petugas dari Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) TPS 3 Desa Daleholu, Kecamatan Rote Selatan.

Dalam Simulasi, surat suara yang digunakan berisi siluet calon dan logo Partai yang bergambar buah, namun pemilih tetap menerima 5 jenis surat suara.

Kelima surat suara tersebut yaitu surat suara Pilpres yang berwarna abu-abu untuk memilih pasangan calon Presiden beserta Wakil Presiden, surat suara berwarna kuning digunakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pusat.

Kemudian serta surat suara berwarna merah digunakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Sedangkan surat suara berwarna biru digunakan untuk memilih anggota DPRD Provinsi dan surat suara berwarna hijau digunakan untuk memilih anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Dalam simulasi ini juga menghadirkan saksi dari partai politik dan pengawas dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta pihak Kepolisian sehingga simulasi dapat menggambarkan kondisi utuh saat pelaksanaan pencoblosan pada Pemilu 2024 mendatang.

Kapolres Rote Ndao Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi Kapolsek Rote Selatan IPDA Andi Darma Elim Sallata turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Usai kegiatan, Kapolres mengatakan bahwa simulasi pencoblosan ini sangat penting bagi Masyarakat terutama pemilih pemula, dengan diadakannya kegiatan ini masayarakat lebih mengerti akan syarat dan jalannya pencblosan.

“Simulasi ini penting dan baik bagi masyarakat, petugas TPS dan juga pihak Kepolisian, pasalnya dengan simulasi ini dapat mengevaluasi kekurangan maupun hambatan dalam pelaksanaan pemungutan hingga penghitungan perolehan suara di TPS, dimana nanti di pelaksanaan yang sebenarnya bisa berjalan lancar,” tutur Kapolres.

Selain itu, dengan dengan simulasi ini, dapat mengatahui dan mengidentifikasi adanya  potensi kendala dan gangguan kamtibmas yang dapat terjadi saat pemungutan dan penghitungan perolehan suara di TPS, imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut antar lain TNI AD Kodim 1627/Rotendao yang diwakili Pasi OPS Letda. David Mooy, TNI AL Lanal Pulau Rote yang diwakili oleh Letda Laut (pm) Nurjaya Supriadi, Ketua KPU Kabupaten Rote Ndao Agabus Lau, SE didampingi 4 (empat) Komisioner, Ketua Bawaslu Kabupaten Rote Ndao Demsy Toulasik, SE, dan Kassubag Teknis KPU Kabupaten Rote Ndao Adriansyah F.B. Lola, Ketua PPK Kecamatan Rote Selatan, para Ketua PPS beserta anggota dan para Ketua KPPS Kecamatan Rote Selatan. (6n)