Evaluasi Kinerja Jajaran, Kapolres Rote Ndao Pimpin Anev Bulanan

Evaluasi Kinerja Jajaran, Kapolres Rote Ndao Pimpin Anev Bulanan
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. dan Wakapolres KOMPOL Jonny S. Nahak, S.E., S.I.K. bersama para PJU dan Kapolsek jajaran saat pose bersama usai Anev bulanan di Mapolsek Rote Tengah, Selasa (08/10).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Dalam rangka mengukur kinerja dan keberhasilan kinerja Polres dan Polsek jajaran, Polres Rote Ndao melalui Bagian Operasional (Bag Ops) menggelar Analisa dan Evaluasi (Anev) Bulanan bertempat di Mapolsek Rote Tengah, Desa Onatali, Kecamatan Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao, Selasa (08/10/2024).

Dalam anev bulanan ini dihadiri oleh para Kabag, Kasat, Kapolsek jajaran dan seluruh Perwira Staf jajaran Polres Rote Ndao dan dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi Wakapolres KOMPOL Jonny S. Nahak, S.E., S.I.K.

Tujuan utama dari kegiatan Anev ini adalah untuk menganalisa dan mengevaluasi kegiatan operasional dan pembinaan yang telah dilaksanakan oleh Polres Rote Ndao beserta jajarannya.

Dari anev ini, bisa mengetahui bagaimana cara serta pola kegiatan personel Polri dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, sekaligus merupakan kegiatan rutin setiap bulannya dalam rangka mengkoordinir dan mengawasi setiap pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan.

Namun ada yang berbeda pada Anev bulanan yang dilaksanakan kali ini, pasalnya kegiatan bulanan tersebut rutin dilaksanakan di Mapolres Rote Ndao, namun mulai kali ini dilaksanakan di Mapolsek jajaran dan kali ini yang mendapat tugas sebagai tuan rumah yang pertama yakni Polsek Rote Tengah.

Yang menarik lagi dimana kedatangan Kapolres di Mapolsek Rote Tengah langsung disambut hangat anak-anak Sekolah Dasar kelas 1 dari UPTD SD Inpres Ufalen, Kecamatan Rote Tengah yang baru pulang sekolah.

Disini nampak bahwa saat ini sosok Polri bukan lagi menakutkan bagi anak-anak, namun dengan kehadiran Polri di tengah masyarakat akan semakin dicintai dan dihargai.

Memimpin dan membuka secara resmi kegiatan, Kapolres mengungkapkan bahwa anev bulanan yang biasanya dilakanakan di Mapolres namun kali ini dilaksanakan di Mapolsek jajaran, ini dikandung maksud untuk mencari suasana baru dan juga insprirasi baru.

“Kalau setiap bulannya di Mapolres itu sudah biasa, namun kali ini kita laksanakan di Mapolsek jajaran, semoga ini membawa suasana baru dan juga sekaligus mencari insprirasi baru,” tutur Kapolres.

Tentu setiap Polsek memiliki terobosan dan juga ide kreatif yang berbeda, mungkin dengan kita saat ini mendatangi dan berkegiatan di Mapolsek Rote Tengah, kita bisa mengambil apa yang menjadi ide dan terobosan yang sudah dilakukan untuk selanjutnya kita kembangkan lagi, imbuhnya.

Selanjutnya, Kapolres juga menegaskan pentingnya evaluasi bulanan sebagai forum diskusi untuk mengevaluasi kinerja anggota serta memastikan persepsi yang sama di Polres dan seluruh Polsek jajaran.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari Kabag SDM yang mewakili fungsi pembinaan antara lain Bagian Sumber Daya Manusia, Bagian Logistik, Bagian Perencanaan, Si Propam, Si Hukum, Si Pengawasan, Si Dokkes dan Si Keuangan.

Kemudian pada sesi kedua dilanjutkan dengan paparan dari Kabag Ops, dalam paparannya Kabag Ops mewakili fungsi operasional antara lain, Bagian Operasional, Sat Intelkam, Sat Reskrim, Sat Samapta, Sat Lalu-lintas, Sat Narkoba dan Sat Tahti.

Menanggapi akan paparan yang telah disampaikan, Kapolres tetap mengingatkan agar seluruh kinerja yang telah dilaksanakan tetap mengikuti aturan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku, dirinya pun mengingatkan agar tetap memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Rote Ndao.

 Berkaitan dengan telah digelarnya Pilkada Serentak 2024, Kapolres juga mengingatkan dan menegaskan agar seluruh anggota tetap menjaga Netralitas serta Integritas sebagai anggota Polri. Disebutkannya bahwa sebagai anggota Polri tidak memiliki hak untuk memilih namun dengan demikian Polri bertanggungjawab akan keamanan dan ketertiban selama pesta demokrasi berlangsung.

“Kita sebagai anggota Polri harus netral dan ingat jaga nama baik Institusi, saat ini tidak menutup kemungkinan sebagian anggota memiliki pertalian saudara, kenal dekat ataupun pernah bekerjasama dengan salah satu calon atau paslon, namun bukan berarti kita bisa memberikan dukungan atau berpihak, saya kembali ingatkan itu jangan sampai terjadi, kalau sampai ada pelanggaran maka akan diproses sesuai aturan yang berlaku” tegas Kapolres.

Sementara itu Wakapolres juga menambahkan dengan mengingatkan kepada seluruh anggota yang terlibat dalam pengamanan Operasi Mantap Praja Turangga 2024 khususnya pengamanan tahap kampanye yang sementara ini berlangsung, untuk selalu berhati-hati dan menjaga diri serta saat pengambilan dokumentasi tidak menunjukkan pose tangan atau jari yang dapat diimplementasikan sebagai dukungan pada pihak tertentu.

“Ingat aturan dan petunjuk serta arahan oleh pimpinan yang berkaitan dengan pengamanan selama Pilkada sudah ada, untuk itu diperhatikan dan dipedomani, ingat pada saat foto untuk dokumentasi jangan sampai ada symbol tertentu yang nantinya bisa mengarah kepada hal yang bertentangan dengan aturan dan yang lebih penting perhatikan kesehatan dan jaga keselamatan,” ucap Wakapolres.

Diakhir Anev, Kapolres dan juga Wakapolres mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta anev yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, harapannya kedepan Polres Rote Ndao dan jajaran lebih baik lagi. (6n)