Tahap Pendaftaran Hari Kedua, Bakal Pasangan Calon dan Tamu Undangan Diperiksa Ketat Dengan Metal Detector dan Secdoor Saat Masuk Kantor KPUD

Tahap Pendaftaran Hari Kedua, Bakal Pasangan Calon dan Tamu Undangan Diperiksa Ketat Dengan Metal Detector dan Secdoor Saat Masuk Kantor KPUD
Personel Polwan dan Polki saat melakukan pemeriksaan dengan menggunakan metal detector kepada Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati serta seluruh tamu undangan yang akan memasuki Kantor KPUD, Rabu (28/08/2024).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Genderang Pilkada 2024 sudah ditabuh, tahapan Pilkada Serentak sudah dimulai dengan tahap Pendaftaran para Bakal Pasangan Calon.

Demikian pula di wilayah Kabupaten Rote Ndao, di hari kedua ini pasangan calon Bupati Paulus Henuk, S.H. dan calon Wakil Bupati Apremoi Dudelusy Dethan dengan nama paket “ITA ESA” mendaftarkan diri ke KPUD Kabupaten Rote Ndao siang ini, Rabu (28/08/2024).

Kedatangan bakal pasangan calon ini membawa seluruh pimpinan partai pendukung dan pengusung serta ribuan para simpatisan dengan menggunakan sepeda motor dan mobil dengan pengawalan ketat dari Satuan Lalu-lintas.

Dalam tahap pendaftaran ini, Polres Rote Ndao menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan dan menertibkan jalannya proses pendaftaran di KPUD.

“Total kita terjunkan personel sebanyak 112 orang, ini terbagi menjadi pengamanan terbuka dan tertutup, untuk pengamanan terbuka personel bertugas mulai dari pengawalan hingga pengamanan di kantor KPUD, sedangkan untuk perngamanan tertutup personel kita tempatkan di ring 1 kantor KPUD,” jelas Kabag Ops AKP Aries Dharma Putra, S.E., M.H.

Untuk pengamanan di sekitar kantor KPUD sendiri kita sekat menjadi 3 lapis, mulai dari pertigaan kantor KPUD, pintu masuk kantor dan pintu masuk gedung kantor, imbuhnya.

Personel pengamanan yang membentuk pagar betis disiapkan di pertigaan kantor KPUD, hanya 50 orang diantaranya pasangan calon bersama partai pendukung dan pengusung serta simpatisan yang mendapat ID Card yang diperbolehkan masuk ke kantor KPUD.

Setibanya di pintu masuk gedung, 2 personel yang terdiri dari 1 Polwan dan 1 Polki yang dilengkapi dengan handle metal detector memeriksa satu persatu tamu undangan, semua barang bawaan hingga pemeriksaan badan dilakukan. Untuk tamu wanita akan diperiksa oleh Polwan dan tamu pria akan diperiksa oleh Polki.

Alat detector yang digunakan pada saat pemeriksaan akan berbunyi ketika ada sesuatu yang terdeteksi berupa barang bawaan ataupun yang ada di badan, yang terbuat dari metal dan dapat membahayakan keselamatan maupun gangguan dalam proses pendaftaran.

Tak hanya sampai disitu, pengamanan dan pemeriksaan berlapis diberlakukan. Usai pemeriksaan di pintu masuk kantor, pasangan calon dan tamu undangan yang akan memasuki gedung kantor KPUD kembali diperiksa dengan ketat, kali ini tak hanya dengan handle metal detector namun juga harus melewati standing metal detector/security door (secdoor).

Sementara itu Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang juga berada di lokasi, menyatakan bahwa Polres Rote Ndao berkomitmen akan selalu mengawal dan mengamankan dengan maksimal seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024.

“Kita sudah persiapkan secara maksimal, beberapa hari lalu kita sudah laksanakan Apel Gelar Pasukan, dimana dalam apel gelar tak hanya personel yang kita siapkan namun seluruh sarana dan prasarana serta peralatan pendukung, dan hari ini dalam pengamanan kami sudah siap,” jelas Kapolres.

Dalam kesempatan ini, Kapolres menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Rote Ndao, para pendukung dan simpatisan dari masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk selalu menaati aturan serta menjaga kamtibmas selama gelaran Pilkada.

“Kami ajak seluruh masyarakat Kabupaten Rote Ndao, para pendukung dan simpatisan dari masing-masing pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati untuk sama-sama sukseskan Pilkada dengan aman dan damai, kepala boleh panas namun hati tetap dingin,” imbau Kapolres. (6n)