Satuan Binmas Polres Rote Ndao Gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Satkamling

Satuan Binmas Polres Rote Ndao Gelar Pelatihan Peningkatan Kemampuan Satkamling
Para Kasatkamling dari 8 Kecamatan se-Kabupaten Rote Ndao berpose bersama dengan Kasat Binmas Polres Rote Ndao IPTU Yeri Lazarus Dowa, S.H. usai kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) di Mapolres Rote Ndao, Kamis (22/08).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Kepolisian Resor Rote Ndao melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) menggelar pelatihan peningkatan kemampuan Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Kasatkamling) yang digelar di Aula Wirasatya Mapolres Rote Ndao, Kamis (22/08/2024).

Pelatihan tersebut diikuti oleh 20 orang Linmas Kasatkamling dari 8 Kecamatan se-Kabupaten Rote Ndao. Kegiatan digelar dalam rangka untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada para penggerak keamanan masyarakat di tingkat Kecamatan serta meningkatkan kapasitas dan kesiapan Satkamling dalam menghadapi tugas pengamanan Pemilukada Serentak 2024.

Adapun beberapa yang diberikan kepada para Kasatkamling yakni maksud dan tujuan, pemahaman tentang dasar hukum permasalahan Pemilukada, pelanggaran yang sering terjadi di Pemilukada, Tugas pokok Kasatkamling, cara bertindak saat pemungutan suara, penghitungan dan pengawalan surat suara.

Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang diwakili Kasat Binmas IPTU Yeri Lazarus Dowa, S.H. membuka secara resmi kegiatan tersebut. Kasat yang dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa kegiatan ini digelar untuk memberikan gambaran kesiapan segenap jajaran pengemban fungsi keamanan lingkungan, dalam upaya meningkatkan serta mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Pemilu 2024.

"Dalam hal menjaga kamtibmas Polri tidak bisa melakukan sendiri tanpa ada dukungan dari berbagai elemen masyarakat, salah satunya Satkamling, oleh karena itu perlu adanya partisipasi dan kepepedulian guna meningkatkan kepekaan akan situasi kamtibmas yang berkembang," ucap Kasat.

Lebih lanjut, melalui kegiatan ini terlaksana forum silaturahmi antar masyarakat dengan pihak Kepolisian. Dengan dukungan dari Satkamling diharapkan terbentuk kesadaran dan kepedulian terhadap kamtibmas di lingkungan masing-masing.

Kemudian Kasat juga mengharapkan para Kasatkamling hendaknya dapat menjadi agen perubahan di wilayah masing-masing dan menjadi mitra Kepolisian untuk menyampaikan berbagai informasi terkait permasalahan atau kejadian sekecil apapun sebagai langkah deteksi.

“Sat Linmas merupakan garda terdepan dalam menjaga stabilitas keamanan di tingkat Kecamatan, dengan adanya peran aktif dari Linmas bersama Polri sangat berarti dalam menciptakan lingkungan yang aman, tertib dan kondusif selama pelaksanaan Pemilukada di wilayah Kabupaten Rote Ndao," tutup Kasat. (6n)