Pengamanan Debat Publik Paslon Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Periode 2024-2029, Seluruh Pengunjung Diperiksa Ketat

Pengamanan Debat Publik Paslon Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Periode 2024-2029, Seluruh Pengunjung Diperiksa Ketat
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. bersama stake holder terkait saat memimpin pelaksanaan pengamanan Debat Publik Paslon Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao periode 2024-2029 di Aula Narwastu, Kecamatan Lobalain, Kamis (10/10).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Kepolisian Resor Rote Ndao melaksanakan pengamanan Debat Publik Paslon Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao Periode 2024-2029 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Rote Ndao yang dilaksanakan di Aula Narwastu, Desa Sanggaoen, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Kamis (10/10/2024).

Pengaman tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi oleh Kabag Ops AKP Aries Dharma Putra, S.E., M.H, dalam pengamanan tersebut Polres Rote Ndao menerjunkan Personil sebanyak 149 personel.

Sebelum dilaksanakannya pengamanan, seluruh anggota yang terlibat melaksanakan apel persiapan dipimpin Kapolres. Dalam apel, anggota pengamanan dibagi menjadi 3 Ring pengamanan dan 3 Zona, diantaranya untuk Ring 1 melaksanakan pengamanan di lokasi Debat dengan kekuatan 80 personel, selanjutnya di Ring 2 anggota bertugas untuk melakukan penyekatan para pendukung dan simpatisan yang terletak di 3 lokasi berbeda dengan kekuatan masing-masing titik 10 personel.

Sedangkan untuk Ring 3 anggota ditempatkan di Posko pemenangan masing-masing Paslon dengan kekuatan 8 personel, dan juga dilakukan penebalan pengamanan di kantor KPUD dan Bawaslu dengan kekuatan sebanyak 14 personel.

Kapolres mengatakan bahwa pengamanan tersebut dilaksanakan guna menciptakan situasi aman dan kondusif, sehingga kegiatan Debat Publik para Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Selain menciptakan situasi aman, tertib dan lancar, pengamanan ini juga bertujuan untuk memastikan agar para Paslon Bupati dan Wakil Bupati dapat lebih fokus dengan kegiatan debat ini, kita ingin semua berjalan dengan baik sesuai yang direncanakan, selain para Paslon para pendukung juga kita pastikan mereka tertib,” jelas Kapolres.

Lebih lanjut orang nomor 1 di jajaran Polres Rote Ndao tersebut mengatakan, sebelum dilaksanakannya Debat Publik bagi para Paslon Bupati dan Wakil Bupati, personel dari Satgas Preventif dibawah pimpinan Kasat Samapta IPTU Naftali J. E. Lede, S.H. terlebih dahulu melaksanakan sterilisasi ruangan dan juga seluruh perlengkapan pendukung kegiatan dengan menggunakan Hand Metal Detector.

Diketahui Polres Rote Ndao selalu menerapkan pengamanan extra ketat di setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh KPUD Kabupaten Rote Ndao, hal ini terbukti bahwa di setiap kegiatannya seluruh tamu undangan dan para pengunjung diperiksa secara berlapis oleh anggota.

Pemeriksaan dimulai dari pintu masuk lokasi hingga pintu masuk gedung dengan menggunakan Hand Metal Detector dan juga Standing Metal Detector/Security Door (Secdoor) untuk memastikan tidak ada yang membawa benda-benda berbahaya yang dapat mengancam keselamatan, pemeriksaan ini pun berlaku juga bagi para Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Kapolres mengharapkan kepada masing–masing pasangan calon Bupati Dan Wakil Bupati termasuk Tim pemenangan pasangan calon serta seluruh tamu undangan yang hadir agar selalu mematuhi aturan yang telah ditetapkan demi tertib dan lancarnya seluruh rangkaian acara debat. (6n)