Pastikan Tahapan Pemilu 2024 Berjalan Lancar, Kapolres Bersama PJU Cek TPS di Pulau Terluar

Pastikan Tahapan Pemilu 2024 Berjalan Lancar, Kapolres Bersama PJU Cek TPS di Pulau Terluar
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi Kasat Polair IPDA I Nyoman Bagia Utama, S.I.P. dan Kapolsek Rote Barat Daya IPDA Esbon Toelle saat melakukan pengecekan TPS di Pulau Landu, Desa Landu, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Jumat (19/01).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Kepala Kepolisian Resor Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi Kasat Polair IPDA I Nyoman Bagia Utama, S.I.P. dan Kapolsek Rote Barat Daya IPDA Esbon Toelle serta Bhabinkamtibmas Desa Landu BRIGPOL Marsel B. W. Henukh, melakukan pengecekan TPS di Pulau Landu, Desa Landu, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Jumat (19/01/2024).

Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan dalam menghadapi Pemilu 2024 sekaligus untuk mengevaluasi kesiapan dan keamanan TPS yang memiliki tingkat kerawanan yang lebih tinggi, serta untuk memastikan bahwa segala persiapan telah dilakukan secara optimal guna mencegah terjadinya gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu jalannya proses pemilu.

"Kita tidak ingin ada kendala ataupun hal lain yang dapat menganggu jalannya Pemilu, semua harus dipastikan dari kesiapan hingga pengamanannya, tentunya dengan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, kita harapkan situasi kamtibmas tetap kondusif hingga saat pelaksanaan Pemilu nanti," tutur Kapolres.

Sebelumnya Kapolres bersama rombongan berangkat dari pelabuhan rakyat DT Desa Oebou menuju Pulau Landu dengan menggunakan perahu nelayan. Setibanya di Landu, Kapolres disambut oleh Kepala Desa Landu Iskandar Mesah, S.Pd bersama warga.

Dilanjutkan dengan pengecekan kesiapan dan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Adapun lokasi TPS 1 rencananya ditempatkan di SD Negeri 1 Landu dengan jumlah pemilih sesuai DPT sebanyak 251 jiwa dan TPS 3 direncanakan bertempat di halaman rumah Bapak Yakob dengan alternatif lokasi lainnya di SMP Negeri 1 Landu dengan jumlah pemilih sesuai DPT sebanyak 214 jiwa.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga beristeraksi dengan warga sekitar TPS untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya partisipasi dalam Pemilu. Kapolres juga menekankan bahwa Pemilu adalah momen penting dalam demokrasi, dan setiap suara memiliki nilai yang sama.

“Saya harapkan pasrtisipasi masyarakat untuk bersama ciptakan Pemilu yang aman dan lancar, berikan dukungan kepada aparat keamanan dan penyelenggara Pemilu KPU serta Bawaslu, jadikan Desa Landu yang bermartabat dengan Pemilu Damai,“ pinta Kapolres. (6n)