Moment Idul Adha, Personel Polres Rote Ndao Gelar Sholat Berjamaah Bersama Masyarakat

Moment Idul Adha, Personel Polres Rote Ndao Gelar Sholat Berjamaah Bersama Masyarakat
Suasana Sholat Idul Adha 1445 H / 2024 M berjamaah di Mapolres Rote Ndao, Senin (17/06).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Bersama dengan warga sekitar, personel muslim Polres Rote Ndao melaksanakan sholat Idul Adha 1445 H/2024 H berjamaah yang digelar di lapangan apel Mapolres pagi ini, Senin (17/06/2024).

Turut hadir dalam hadir dalam shalat ied berjemaah tersebut, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST. M.K.P. bersama Ketua Bhayangkari Cabang Ny. Yuli Mardiono, Danlanal Pulau Rote LETKOL LAUT (P) Andrik Irwanto dan personel, Asisten 1 Setda Rote Ndao Ir. Untung Hardjito, personel Kodim 1627/Rotendao, Danpos TNI AU Bandara D.C. Saudale LETDA (Lek) Handri Hidayana, staf Kejaksaan Negeri Rote Ndao, Staf Pengadilan Negeri Rote Ndao, Staf Lapas Kelas III Baa Kementerian Hukum dan HAM, Ketua MUI Ahmad Kiah, personel Polres dan polsek jajaran, Bhayangkari dan keluarga besar Polres Rote Ndao serta masyarakat.

Adapun pengasuh Sholat diantaranya Imam Ustadz Sofyan, S.Pd, Khotib Ustad Ahmad Syar'i, S.Pd. dan Bilal Aipda Aziz A. Tamin.

Selaku khotib Ustadz Ahmad mengajak jemaah untuk selalu menghayati dan memaknai Qurban adalah sebagi refleksi bentuk iman dan taqwa kepada Allah SWT dan sebagai sarana mengekang hawa nafsu dan menjalin uquwah persaudaraan.

Dikatakannya, berqurban adalah simbol kita menyembelih dan membuang sifat kebinatangan yang bersemayam dalam diri, seperti sombong, rakus, egois, mejadi sifat yang harus kita basmi dan hindari, tentu dengan cara selalu memperbanyak dzikrulloh atau ingat selalu kepada Allah SWT, kapanpun dan dimanapun berada.

“Ibadah qurban bukanlah hanya ibadah secara vertical dimana kita mensyukuri akan nikmat Allah SWT dan berserah pada-Nya, akan tetapi juga ibadah berdimensi horizontal untuk mengasah kepedulian sosial serta bukti cinta terhadap sesama,” pesannya.

Mari jadikan hari Raya Idul Adha kali ini, sebagai Ibadah Qurban kita yang terbaik. Karena kita tidak akan tahu apakah kita akan bisa bertemu dengan Idul Adha di masa yang akan datang, mari kita saling memaafkan dengan sesama atas segala dosa yang telah kita lakukan untuk semakin menguatkan kesucian kita, imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres usai Sholat langsung mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada seluruh jemaah yang hadir, dirinya mengapresiasi kepada seluruh panitia akan seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua jemaah yang hadir untuk meramaikan Sholat berjamaah di Polres, bersama ini saya juga meminta maaf apabila ada kekurangan atas pelaksanaan Sholat ini karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT, dan kepada seluruh panitia saya juga apresiasi atas dedikasi karena semua berjalan dengan lancar,” ucap Kapolres.

Usai salat ied, dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban berupa 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang akan dilaksanakan di samping Mapolres. (6n)