Mengenang Jasa Para Pahlawan Polri Merebut Kemerdekaan, Polres Rote Ndao Gelar Upacara Hari Juang Polri

Mengenang Jasa Para Pahlawan Polri Merebut Kemerdekaan, Polres Rote Ndao Gelar Upacara Hari Juang Polri
Pose bersama Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. dengan para PJU Polres usai pelaksanaan Upacara Hari Uang Polri tahun 2024, di Lapangan Apel Mapolres, Rabu (21/08).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Untuk mengenang jasa para pahlawan Polri yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi merebut Kemerdekaan Indonesia, jajaran Polri seluruh Indonesia menggelar Hari Juang Polri secara serentak pada hari ini.

Seperti yang dilakukan oleh Polres Terselatan NKRI Polres Rote Ndao, turut menggelar Upacara Hari Juang Polri 2024 dengan mengusung tema "Dengan Semangat Proklamasi Polisi 1945, Polri Menyongsong Indonesia Emas 2045”, yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao, Desa Holoama, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Rabu (21/08/2024) pagi.

Bertindak selaku inspektur upacara Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. dan Kabag SDM AKP Silfianus Hardi selaku Perwira Upacara serta Kapolsek Rote Barat Daya IPDA Godfriet E.S. Mail selaku Komandan Upacara.

Upacara yang berlangsung khidmat dengan jajaran pasukan terdiri dari 1 peleton personel Brimob, 1 peleton personel Dalmas Satuan Samapta, 1 peleton personel staf gabungan, 1 peleton personel intel dan reskrim dan 1 peleton personel Bintara Remaja.

 Rangkaian upacara diisi dengan pembacaan sejarah singkat Hari Juang Polri yang dibacakan oleh Kapolsek Rote Tengah IPDA Charles Rihi Pati, S.Sos dan pembacaan Teks Proklamasi Polisi oleh Inspektur Upacara.

Hadir dalam tenda undangan antara lain Sekda Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM., Ketua Pengadilan Negeri Rote Ndao Kelas II Fransiska Dari Paula Nino, S.H., M.H.,  Pasiter Kodim 1627/Rote Ndao Kapten KAV. Agustinus Nada, Kasatpom Lanal Pulau Rote Lettu Heru W., Danpos AU D.C. Saudale Letda (Lek) Handri Hidayana, dan Purnawirawan Polri.

Usai upacara Kapolres menyampaikan bahwa hari ini merupakan hari bersejarah bagi Polri, pasalnya untuk pertama kalinya, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) merayakan hari bersejarah baru, yaitu Hari Juang Polri.

“Hari ini merupakan hari bersejarah bagi Polri, sesuai dengan Keputusan Kapolri Nomor : 95/I/2024 tentang Hari Juang Polri tanggal 22 Januari 2024 dan Keputusan Kapolri Nomor : KEP/1325/VIII/2024 tanggal 12 Agustus 2024, maka hari ini seluruh jajaran Polri secara serentak menggelar Upacara Hari Juang Polri yang jatuh pada tanggal 21 Agustus 2024,” jelas Kapolres.

Diketahui Sejarah Hari Juang Polri berawal dari tanggal 21 Agustus 1945, Dimana terjadi peristiwa Proklamasi Polisi Republik Indonesia yang dilakukan oleh Polisi Istimewa (sebelumnya Bernama Tokubetsu Keisatsutai) dibawah pimpinan Inspektur Polisi Kelas I Moehammad Jasin.

Setelah proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan pada 17 Agustus 1945, Menteri Negeri Otto Iskandar Dinata menetapkan status polisi segera dimasukkan ke dalam kekuasaan Pemerintah Indonesia. Menyikapi hal tersebut, M. Jasin sebagai Komandan Polisi Istimewa Surabaya mengadakan rapat bersama anggota lainnya membahas kedudukan polisi pasca Proklamasi, kemudian disepakati pernyataan sikap kesetiannya kepada Negara Republik Indonesia dengan menyusun teks Proklamasi Polisi.

Dibawah kibaran bendera Merah Putih, sekitar 250 orang anggota Kesatuan Polisi Istimewa berkumpul di halaman Markas Polisi Istimewa di Surabaya. Dimana pada saat itu, M. Jasin membacakan teks Proklamasi Polisi.

Ini menjadi momentum dimana seluruh Polisi di negeri ini bersatu dengan nama Polisi Republik Indonesia yang terlepas dan diperalat oleh penjajah Jepang pada saat itu. (6n)