Kesiapan Pilkada Serentak 2024, Polres Rote Ndao Gelar Rapat Lintas Sektoral Bersama Stake Holder Terkait

Kesiapan Pilkada Serentak 2024, Polres Rote Ndao Gelar Rapat Lintas Sektoral Bersama Stake Holder Terkait
Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral Operasi Mantap Praja 2024 yang dipimpin Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. bersama instansi terkait tentang kesiapan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang digelar di Lantai 2 Gedung Yanlik Mapolres, Kamis (08/08).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Menjelang Pemilukada Serentak Tahun 2024 dan persiapan pengamanan serta pelaksanaanya di wilayah Kabupaten Rote Ndao, Polres Rote Ndao menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral Operasi Mantap Praja 2024.

Rakor yang digelar di lantai 2 Gedung Pelayanan Publik (Yanlik) Tantya Sudhirajati itu dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. dan dihadiri oleh Asisten II Kabupaten Rote Ndao, Kepala Kantor Agama, Plh. BNNK Kabupaten Rote Ndao, Ps. PA Ops BRIMOB, Staf Intel Kejari Rote Ndao, Anggota BIN, Pasi Intel Kodim 1627/Rote Ndao, Pasi Intel Lanal Pulau Rote, Sekertaris Dinas Perhubungan, Manager PLN Rote Ndao, Ketua MUI Rote Ndao, Staf Kantor Syahbandar Rote Ndao, Kepala Satuan Pol PP, Staf Kantor BPBD, Staf Dinas Kesehatan, para PJU Polres, dan Para Kapolsek jajaran, Kamis (08/08/2024).

Membuka dan mengawali kegiatan, Kapolres dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh tamu undangan yang hadir untuk bersama-sama bersinergi dalam mempersiapkan segala sesuatunya menjelang pesta demokrasi Pemilukada Serentak Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Rote Ndao agar dapat berjalan dengan lancer, aman dan kondusif.

“Kita ketahui bersama bahwa gelaran Pilkada adalah pesta rakyat yang diikuti oleh seluruh masyarakat, ini merupakan wujud kompetisi yang sah dan legal sesuai dengan Undang-Undang dan aturan yang berlaku untuk mendapatkan atau mempertahankan sebuah kekuasaan di Negara Republik Indonesia yang kita cintai ini,” ujar Kapolres .

Tentu hal ini tidak menutup kemungkinan adanya potensi gangguan kamtibmas serta gangguan lainnya yang dapat menghambat dan mengganggu jalannya Pilkada, untuk itu kita semua perlu bergandengan tangan dan bersama menyambut gelaran ini, imbuhnya.

Terkait kerawanan dalam Pilkada, Kapolres menyampaikan bahwa yang perlu diantisipasi dan diwaspadai bersama saat ini antara lain adanya beredar berita hoax yang dapat menyudutkan dan menjelekkan paslon lain, kampanye hitam, kondisi geografis yang memerlukan kesiapan pengiriman logistik, hingga antisipasi adanya unjuk rasa dari kelompok pendukung fanatik.

Untuk itu, lanjut Kapolres Polres Rote Ndao telah mengambil langkah strategis sebagai upaya menciptakan suasana yang sejuk, aman dan damai melalui kegiatan-kegiatan rutin yang ditingkatkan melalui sambang, patroli serta giat lainnya, manajemen sosial, manajemen media dan manajemen kemitraan bersama instansi terkait.

“Ini adalah pekerjaan besar, tugas besar yang memerlukan adanya sinergitas dari berbagai pihak terkait, dengan terjalinya sinergitas yang baik antara Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, TNI, Polres dan penyelenggara Pilkada serta stake holder terkait, saya berharap Pilkada Tahun 2024 khususnya di wilayah Kabupaten Rote Ndao dapat berlangsung dengan aman dan kondusif,” ucap Kapolres.

Dalam kesempatan ini Kasat Intelkam IPTU Yohanes D. Pedan, S.E. memberikan informasi dan masukan tentang adanya pemasangan poster/spanduk seperti Alat Peraga Kampanye (APK) dari beberapa Paslon bersama tim suksesnya yang sudah memasang di berbagai tempat, dimana hal itu perlu dilakukan tindakan antisipasi dari pihak Bawaslu.

Menanggapi hal itu, Bawaslu Kabupaten Rote Ndao menjelaskan bahwa sampai saat belum rampung pembentukan GAKKUMDU, terkait lokasi-lokasi yang menjadi tempat dipasangnya APK sampai saat ini belum bisa dilakukan penertiban, sehingga hal itu masih menjadi domainnya Pemerintah Daerah, jika mengganggu ketertiban umum APK yang ada bisa ditertibkan.

Sementara itu PLN Rote Ndao yang merupakan salah satu komponen pendukung, menyatakan bahwa pihaknya akan mendukung penuh kelancaran pelaksanaan Pilkada di wilayah Kabupaten Rote Ndao, dimana dalam mengantisipasi gangguan dan kelancaran Listrik kedepan pihaknya telah menyiapkan personel PLN, penyiagaan genset listrik pada lokasi-lokasi vital saat gelaran Pilkada dilaksanakan.

Mengakhiri kegiatan, Kapolres berharap rapat seperti ini tidak hanya dilakukan saat ini saja namun dilakukan secara periodik sehingga jalinan komunikasi dan sinergitas tidak terputus.

“Saya berharap kita tidak hanya sampai disini, namun kita akan bertemu lagi pada kesempatan lainnya, tentu kita akan laksanakan secara periodik, tanggung jawab keberhasilan Pilkada di wilayah Kabupaten Rote Ndao itu sudah menjadi tanggung jawab kita bersama,” tutup Kapolres. (6n)