Polres Rote Ndao Terima Supervisi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dari Polda NTT

Polres Rote Ndao Terima Supervisi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dari Polda NTT
Pose bersama Tim Supervisi dari Biro SDM Polda NTT dengan Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. dan para PJU usai kegiatan tatap muka, Kamis (08/08).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Dalam rangka kegiatan Supervisi, Polres Rote Ndao menerima kunjungan dari tim Supervisi Sumber Daya Manusia (SDM) Biro SDM Polda Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (08/08/2024).

Tim Supervisi dari Biro SDM Polda NTT dipimpin Kabagwatpers Biro SDM AKBP Hellen Elfrida Pattikawa, S.Sos., M.H., PS. Kasubbaghirdinlur Bag Watpers AKP Mansur Mosa, S.H., M.H., PS. Pamin Urmintu BRIPKA Aloysius R. F. B. Hati dan Bamin BRIPTU Arrdiyanto T. Lofa.

Mengawali kegiatan, tim supervisi melaksanakan tatap muka dengan personel Polres Rote Ndao yang dilaksanakan di lantai 2 Gedung Pelayanan Publik (Yanlik) Tantya Sudhirajati.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P., dalam sambutan singkatnya, Kapolres membeberkan kekuatan personel Polres Rote Ndao hingga Polsek jajaran, menurut Kapolres untuk saat ini kuat personel Polres Rote Ndao mendapat penambahan dari Bintara Remaja, namun sesuai DSP masih kurang.

“Saat ini personel Polres Rote Ndao mendapat penambahan dari Bintara Remaja, dan kita berterima kasih untuk itu, namun kalau disesuaikan dengan DSP dan kebutuhan memang masih belum mencukupi,” jelas Kapolres.

Ini kesempatan yang baik, melalui supervisi ini apabila ada yang belum jelas mengenai urusan personel dan aturannya bisa ditanyakan langsung, imbuhnya.

Dilanjutkan dengan sambutan dan paparan dari Ketua Tim, dalam paparannya Kabagwatpers menjelaskan berbagai materi bidang SDM diantaranya SIPP 2.0, Komponen penilaian IP SDM Polri, Rekrutmen dan penerimaan anggota Polri, izin/cuti, Pengakhiran Dinas, Psikologi dan Konseling.

Dijelaskan bahwa pengukuran IP SDM Polri merupakan suatu instrumen yang digunakan untuk mengukur secara kuantitatif tingkat profesionalitas SDM Polri yang hasilnya dapat digunakan sebagai  dasar  penilaian  dan  evaluasi  dalam  upaya pengembangan profesionalisme SDM dan Institusi.

“Ada 7 komponen sebagai bagian dari penilaian dari IP SDM Polri diantara Kinerja dengan bobot 30%, Disiplin dengan bobot 30%, Rohani dengan bobot 9%, Psikologi dengan bobot 9%, Kesehatan dengan bobot 8%, Jasmani dengan bobot 7% dan Akademik dengan bobot 7%,” jelas Kabagwatpers.

Hadir dalam kegiatan tatap muka diantaranya Wakapolres Rote Ndao Kompol Jonny S. Nahak, S.E., S.I.K., para Kabag, para Kasat, para Kasi dan Kapolsek jajaran.

Kunjungan tim supervisi Biro SDM Polda NTT di Polres Rote Ndao ini dalam rangka Supervisi Pemantauan dan Evaluasi Program Bidang SDM Polri T.A. 2024. Usai tatap muka dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pendalaman oleh tim pada Bag SDM Polres Rote Ndao.

Adapun yang menjadi sasaran antara lain mengecek kelengkapan administrasi dengan aspek antara lain Pelaksanaan Bimbingan Karier Pers dan Assesment, SDM Budaya Unggul, SMK Online, Penugasan diluar Struktur Polri, Penerapan Pendidikan dan Pelatihan, Program Binlat dan Rekrutmen, Hak-hak anggota dan Psikologi. (6n)