Kapolres Rote Ndao Pimpin Pelaksanaan Kegiatan Lat Pra Ops Pekat Turangga 2024

Kapolres Rote Ndao Pimpin Pelaksanaan Kegiatan  Lat Pra Ops Pekat Turangga 2024
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono,S.ST.,M.K.P Pimpin Pelaksanaan Latihan Praoperasi Pekat Turangga 2024.

www.tribratanewsrotendao.com .Rote.Hari ini Sabtu 10 Agustus 2024 Pukul 09.00 Wita Bertempat di Aula Gedung Pelayanan  publik (Yanlik) Tantya Sudhirajati Polres rote ndao,dilaksanakan Kegiatan Latihan pra Operasi pekat Turangga 2024.

Pelaksanaan Kegiatan Lat pra Ops Pekat Turangga 2024  sesuai Surat Telagram Kapolda NTT Nomor : STR/334/VIII/Ops.1.3/2024 tanggal  09 Agustus 2024 untuk menggelar Operasi kewilayahan dengan Sandi "OPERASI PEKAT TURANGGA  2024"

Direktif Kapolda NTT Untuk Pelaksanaan Operasi Pekat Turangga 2024 dalam rangka Cipta Kondisi Menjelang Pilkada Tahun 2024 tingkat polres rote ndao diawali dengan pelaksanaan Latihan Praoperasi pekat turangga 2024 yang diikuti oleh seluruh satuan tugas atau personel yang terlibat dalam pelaksanaan operasi ini.

Kapolres rote ndao AKBP Mardiono,S.ST.,M.K.P di dampingi Kabag Ops Polres Rote Ndao AKP Aries Dharma Putera,S.E.,M.H sebagai Karendal Ops membuka secara resmi pelaksanaan Latihan Praoperasi Pekat Turangga 2024 dengan pengalungan  tanda peserta Operasi pekat turangga 2024 tingkat polres rote ndao.

Secara Umum Latihan Praoperasi yang dilaksanakan bertujuan untuk menyatukan persepsi dan mengetahui apa saja yang akan dilakukan oleh personel yang terlibat serta sasaran yang ingin dicapai dalam setiap pelaksanaan operasi kepolisian. 

Di hadapan Kapolres, Kabag ops polres rote ndao AKP Aries Dharma Putera.S.E.,M.H memaparkan tujuan pelaksanaan Operasi Pekat Turangga 2024 Sesuai Surat Telagram Kapolda NTT Nomor : STR/334/VIII/Ops.1.3/2024 tanggal  09 Agustus 2024 yaitu menciptakan kamtibmas yang aman dan tentram bagi seluruh masyarakat kabupaten rote ndao menjelang pelaksanaan Pilkada 2024 "Kabag ops Polres rote ndao

"Sasaran operasi pekat yaitu segala bentuk potensi gangguan yang dapat mengganggu kamtibmas pada saat dan setelah pelaksanaan pilkada tahun 2024 di wilayah hukum polres rote ndao"

"Target operasi yaitu Orang,barang/benda dan lokasi serta kegiatan yang menghambat dan mengganggu kamtibmas selama proses pilkada berlangsung dan pasca pelaksanaan pilkada, untuk cara bertindak yang melibatkan satuan tugas untuk kelancaraan operasi maka masing masing satuan tugas saling berkoordinasi demi suksesnya pelaksanaan Operasi pekat Turangga 2024"

"Satuan tugas yang terlibat dalam operasi ini terdapat 6 (Enam) Satuan tugas yaitu Satuan Tugas (Satgas) Preemtif,Satgas Preventif,Satgas Kamseltigcar lantas,Satgas Gakkum,Satgas Humas serta Satgas Banops dengan jumlah Total personel Polri sebanyak 39 Personel Polri" Kabag ops Polres rote ndao AKP Aries Dharma Putera,S.E.,M.H.

Pelaksanaan Lat Praops Pekat Turangga 2024 juga melibatkan 3(Tiga) Pemateri / Instruktur yaitu Kasat Narkoba AKP Marthen Balukh,Kasat Reskrim AKP Markus Y Foes,S.H serta Kasat Intelkam Iptu Yohanes Doni Pedan,S.E.

Kasat Narkoba AKP Marthen Balukh, Operasi pekat merupakan Operasi gabungan dari beberapa Satuan tugas dan sesuai tugas kami dari Unit Narkoba,melalui fungsi preemtif kami titipkan untuk memberikan edukasi bagi masyarakat tentang pencegahan penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang serta peredaran miras lokal jenis sopi yang merupakan penyebab terjadi gangguan kamtibmas karena mabuk.

Kasat Reskrim polres rote ndao AKP Markus Y Foes,S.H, Penegakan hukum dalam pelaksanaan Operasi kita wajib untuk mengetahui sasaran, baik itu orang sebagai pelaku kejahatan,benda yang merupakan alat yang digunakan,tempat dimana terjadi suatu kejahatan serta kegiatan atau aktifitas yang dilakukan  sebagai bentuk pencegahan terhadap suatu kejahatan.

"Jika dalam pelaksanaan operasi Pekat Turangga 2024  terdapat suatu peristiwa pidana maka  Satgas Gakkum akan melaksanakan tindakan kepolisian dalam rangka ciptakan kamtibmas yang kondusi "tutur Kasat Reskrim Polres rote ndao.

Kasat Intelkam Polres rote ndao IPTU Yohanes Doni Pedan,S.E, mengungkapkan seluruh personel yang terlibat wajib untuk melakukan monitoring terhadap setiap kegiatan masyarakat,baik itu Perjudian,peredaran miras lokal,prostitusi online maupun penyalahgunaan narkoba.

"Satgas preemtif dan preventif lakukan maping untuk memetakan potensi gangguan kamtibmas serta melakukan himbauan dan edukasi melalui Unit binmas dan bhabinkamtibmas pada polsek jajaran untuk tetap menjalin kemitraan antara Polri dan masyarakat dalam menciptakan suasana yang kondusif selama Pelaksanaan Operasi Pekat demi suksesnya Operasi mantap praja 2024."Ujar Kasat Intel.

Berdasarkan Paparan atau materi yang disampaikan baik itu dari Kabag Ops Polres rote ndao sebagai karendalops hingga para instruktur yang terlibat dalam Operasi Pekat Turangga 2024,terdapat 10 Penekanan oleh Kapolres rote ndao AKBP Mardiono,S.ST.,M.K.P sebagai Ka Ops res yaitu;

1. Jika dalam Pelaksanaan Operasi Pekat ditemui Masyarakat yang Mengkonsumsi miras di tempat umum,segera di amankan ke polre bersama Barang bukti
2. Lakukan Gakkum jika mengetahui adanya aktifitas Perjudian dalam bentuk apapun
3. Satgas Kamseltibcar lantas berikan tindakan tegas bagi pengendara uang ugal ugalan di jalan raya yang membahayakan keselamatan orang lain
4. Pembatasan terhadap kegiatan masyarakat terutama pesta sykuran atau pernikahan hingga pukul 00.00 Wita
5. Satgas preemtif terus tingkatkan kegiatan preemtif untuk cegah penyalahgunaan senjata api rakitan
6. Kesiapan kendaraan Operasional polres untuk mobilisasi personel jika terjadi situasi yang menggangu kamtibmas
7. Daerah atau wilayah yang berpotensi terjadi konflik kepentingan segera tingkatkan kegiatan preemtif
8. Posko Ops Pekat Turangga berada di Polres rote ndao agar personel polsek yang terlibat dalam Operasi ini segera menyesuaikan baik itu dalam pelaporan maupun pelaksanaan Operasi
9. Utamakan kerjasama antar satuan tugas untuk suksesnya tujuan pelaksanaan Operasi Pekat Turangga 2024
10.Hindari hal hal yang kontraproduktif yang bisa menurunkan citra polri dalam masyarakat.

"Dengan memanjatkahn Doa kehadirat TYME kita sukseskan Operasi Pekat Turangga 2024 sebagai upaya dalam Cipta Kondisi Menjelanf Pilkada Tahun 2024 Polres Rote Ndao " Kapolres rote ndao AKBP Mardiono,S.ST.,M.K.P