Jelang Operasi Mantap Praja Personel Polres Lakukan Persiapan

Jelang Operasi Mantap Praja Personel Polres Lakukan Persiapan
Pelaksanaan Latihan Pengendalian Massa oleh Personel Satuan Samapta dan Bintara Remaja Angkatan 50 Polres Rote Ndao (Kamis 30/05/2024)

  www.tribratanewsrotendao.com - Rote.Tahapan operasi mantap praja akan segera bergulir di kabupaten rote ndao.

     Dari segi pemeliharaan Kamtibmas oleh Polres Rote Ndao mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi perhelatan politik antar kandidat yang akan mengikuti kontestasi Pemilukada kabupaten rote Ndao.

     Kesiapan fasilitas berupa kendaraan operasional untuk mobilisasi personel serta kesiapan personel polri dalam menghadapi potensi gangguan Kamtibmas 

    Hari ini Kamis 30 Mei 2024 Dimonitoring langsung oleh Kaur Bin Ops Satuan Samapta polres rotendao Aiptu Fransiskus Chandra bersama personel Dalmas Satuan Samapta Polres Rote ndao melaksanakan Latihan Pengendalian massa yang melibatkan Bintara remaja angkatan 50 di halaman Mapolres rotendao.

    Bintara remaja angkatan ke 50 ini memang di bentuk khusus untuk menghadapi unjuk rasa baik dalam skala kecil maupun skala besar.kemampuan mereka akan terus di asah melalui latihan yang terjadwal agar  setiap pergerakan saat menghadapi situasi darurat tetap sesuai SOP " ungkap mentor Bintara remaja yang mrndampingi.

       Secara terpisah KBO Samapta menyatakan bahwa Pelaksanaan Latihan Dalmas ini menyesuaikan dengan jadwal yang di buat oleh Bag SDM  bagi para Bintara Remaja angkatan 50.Selain materi Latihan Dalmas juga terdapat jadwal orientasi pada Fungsi Teknis Lainnya sebagai gambaran bagi para BAJA jika suatu hari ditempatkan pada fungsi teknis kepolisian " Ungkap KBO

   Materi latihan dalmas hari ini  diawali dengan formasi  dalmas awal yang masih menggunakan tali dalmas kemudian di lanjutkan dengan lapis  ganti oleh regu dalmas lanjutan yang menggunakan peralatan dalmas lengkap.

   Secara bertahap akan dilakukan latihan dengan menggunakan skenario unjuk rasa serta tim negosiator dalmas awal kemudian dalmas lanjutan serta kendaraan pengurai masa oleh Tim rainmas hingga penggunaan rantis untuk membubarkan massa yang anarkis " tambah KBO Aiptu Fransiskus Chandra.

    Kasat samapta sebagai pembina fungsi samapta dan juga Kasatgas preventif  mengapresiasi inisiatif personelnya yang melaksanakan latihan bersama para Bintara remaja hari ini.

     Kepada tribratanewsrotendao kasat samapta mengungkapkan bahwa " pelaksanaan latihan Dalmas yang dipimpin KBO samapta untuk mengasah kemampuan para Bintara remaja sehingga suatu saat dalam menghadapi kondisi darurat dilapangan masih berpegang pada SOP menghadapi Unjuk rasa. dan juga persiapan pelaksanaan simulasi menjelang Pemilukada seperti yang telah dilakukan saat menghadapi Operasi Mantap Brata beberapa waktu lalu juga dilakukan Simulasi pengendalian masa dengan skenario terjadi unjuk rasa yang anatkis" ujar kasat Samapta IPTU Naftali Lede,S.H.  (Bdn_23)