Jelang HUT Polwan ke-76 Tahun 2024, Polwan Polres Rote Ndao Gelar Kegiatan Positif

Jelang HUT Polwan ke-76 Tahun 2024, Polwan Polres Rote Ndao Gelar Kegiatan Positif
Apel pengecekan para Srikandi Polwan Polres Rote Ndao yang dipimpin oleh Polwan Senior BRIPKA Emiliana C. Pasumain, S.H., Jumat (30/08).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Menjelang Hari Ulang Tahun Polwan ke-76 yang jatuh pada 1 September 2024 nanti, Polwan Polres Rote Ndao telah melaksanakan berbagai kegiatan positif.

Satu diantaranya adalah melakukan pengaturan lalu-lintas pagi hari. Kegiatan pengaturan lalu-lintas dilaksanakan di seputaran Kota Ba’a pada Kamis (22/08) itu yang melibatkan seluruh Polwan yang bertugas di Satuan Lalu-lintas serta fungsi lainnya.

Para Srikandi Polwan ini ditempatkan di tempat-tempat strategis dan juga di beberapa simpul jalan. Dalam kegiatannya mereka mengatur arus lalu-lintas dan juga membantu menyeberangkan warga atau anak sekolah.

Disela-sela kegiatan para Polwan juga memberikan bunga kepada pengendara yang tertib, hal ini sebagai symbol apresiasi kepada para pengendara yang telah patuh dan taat dalam berlalu-lintas.

Selanjutnya kegiatan berikut adalah Polwan Goes To School. Kegiatan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lobalain pada Senin (26/08), di depan para murid BRIPTU Maria Skola Stika Woy Laru yang bertugas di fungsi Satuan lalu-lintas menjelaskan bagaimana aturan dan kewajiban dalam tertib berlalu-lintas.

Dijelaskannya bahwa jalan raya adalah milik umum, jadi dalam penggunaanya siapapun boleh namun harus berbagai aturan yang telah dibuat untuk kepentingan dan keselamatan bersama. Dirinya pun mengaskan bahwa bagi pengguna kendaraan bermotor harus yang sudah memenuhi syarat baik umur maupun administrasi.

“Kalau adik-adik ingin belajar sepeda motor boleh, namun jangan di jalan raya dan nanti kalau sudah bisa jangan di jalan raya juga, karena apa..karena bagi siapapun pengguna kendaraan bermotor di jalan raya harus dilengkapi dengan surat-surat, keselamatan berlalu lintas sesuai dengan syarat dan aturan yang ada, karena adik-adik belum cukup umur makannya belum boleh,” jelas BRIPTU Maria.

Tak hanya materi tentang lalu-lintas, para Srikandi Polwan juga memberikan pengetahuan tentang Narkoba, berita HOAX, kenakalan remaja hingga judi Online kepada seluruh pelajar.

Kegiatan berlanjut dengan Bakti Sosial, kegiatan Bakti Sosial digelar di pasar rakyat Busalangga, Desa Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut pada Rabu (28/08). Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh seluruh personel Polwan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST,. M.K.P., dalam pelaksanaanya para srikandi yang sudah memegang sapu langsung melakukan pembersihan, semua lapak yang ada di pasar dibersihkan dari kotoran dan sampah.

Dari sampah yang terkumpul kemudian dimasukkan ke karung dan kantong plastik yang tersedia dan dibuang tempat pembuangan sampah. Tak sedikit ucapan terima kasih dan apresiasi yang terlontar dari para pengunjung dan pedagang pasar atas aksi yang digelar ini.

Sementara itu Kapolres mengungkapkan akan rasa bangga dan apresiasi kepada seluruh anggota Polwan yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan jelang HUT Polwan. Kapolres menegaskan pentingnya berbagai kegiatan sosial yang telah dilaksanakan untuk memperkuat hubungan antara polisi dan masyarakat serta menunjukkan bahwa Polwan hadir dan selalu siap membantu sertra peduli terhadap kebutuhan masyarakat.

"Melalui kegiatan-kegiatan, kami ingin menunjukkan bahwa Polwan Polres Rote Ndao tidak hanya bertugas menjaga kamtibmas dan kegiatan operasional lainnya, akan tetapi juga berkomitmen untuk berperan aktif dalam kegiatan sosial masyarakat. Kami berharap dengan sedikit bakti nyata ini dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan bermasyarakat," ujar Kapolres, Jumat (30/08/2024).

Di ulang tahun ke-76 ini, Polwan Indonesia mengusung tema yang penuh makna, "Polwan Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas".

Tema ini mencerminkan komitmen Polwan untuk tidak hanya menjaga keamanan, tetapi juga berperan aktif dalam pembangunan ekonomi nasional.

Melalui pendekatan PRESISI (Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan), Polwan bertekad untuk mendukung terciptanya lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkelanjutan, sejalan dengan visi Indonesia Emas.

Dan dalam kesempatan ini, Kapolres juga mengucapkan selamat hari jadi polwan untuk para Polwan di seluruh Indonesia terkhusus para Srikandi Polwan Polres Rote Ndao.

“Selamat hari jadi, semoga di usia yang ke-76 ini Polwan yang Presisi selalu menjadi panutan dalam menciptakan transformasi ekonomi yang inklusif untuk masa depan Indonesia yang gemilang," ucap Kapolres. (6n)