Jaga Kebugaran dan Kesehatan Personel, Bag SDM Polres Rote Ndao Gelar Kesamaptaan Jasmani Semester 1 Tahun 2024

Jaga Kebugaran dan Kesehatan Personel, Bag SDM Polres Rote Ndao Gelar Kesamaptaan Jasmani Semester 1 Tahun 2024
Personel Polres Rote Ndao dan Polsek jajaran yang akan melaksanakan ujian pertama dalam Kesamaptaan Jasmani dengan lari 12 menit mengelilingi Mapolres, Kamis (06/06).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Kepolisian Resor Rote Ndao melalui Bagian Suber Daya Manusia menggelar Kesamaptaan Jasmani (samjas) dan Ujian Bela Diri Polri (BDP) Semester 1 Tahun 2024, yang dilaksanakan di lapangan apel Mapolres pagi ini, Kamis (06/06/2024).

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) AKP Silfianus Hardi mengatakan bahwa pelakanaan samjas dan ujian bela diri akan berlangsung selama dua hari berturut-turut.

“Kita jadwalkan selama dua hari berturut-turut mulai hari ini hingga besok tanggal 7 Juni, ini dengan maksud apabila ada anggota yang berhalangan hadir karena tugas atupun alasan lainnya dapat mengikuti di hari berikutnya,” jelas Kabag.

Diketahui bahwa dalam pelaksanaan kesamptaan jasmani ada beberapa tes antara lain Lari 12 Menit, Pull Up, Push Up, Sit Up dan Suttle Run (lari angka 8), sedangkan untuk ujian Bela Diri Polri dengan materi jatuh ke kiri / kanan, jatuh ke depan / belakang, roll depan jatuh kiri / kanan, pukulan dan tangkisan, tendangan dan tekhnik dasar membawa tahanan.

Kegiatan tes kesamaptaan jasmani dan ujian bela diri Polri yang dilaksanakan secara berkala ini bertujuan untuk mengukur kemampuan fisik para personel serta bertujuan memelihara kesehatan agar selalu siap menjalankan tugas Kepolisian sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Selain sebagai pra syarat dalam kenaikan pangkat dan pengembangan karir personel, ujian ini juga sebagai bentuk kegiatan untuk menjaga anggota tetap sehat dan bugar sehingga selalu siap dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, tutup Kabag.

Sementara itu Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST. M.K.P. yang memantau dan juga terlibat langsung dalam test kesamaptaan jasmani mengharapkan anggota yang hadir dan ikut test agar serius mengikuti namun tidak memaksakan diri.

“Saya harapkan anggota yang ikut untuk serius, karena dengan test ini kita tahu sejauh mana kemampuan kita saat ini, selain dapat nilai yang penting adalah tubuh menjadi sehat dan bugar, namun yang terpenting adalah jangan memaksakan diri, apabila ada sakit dan halangan tertentu agar disampaikan ke panitia,” ujar Kapolres.

Kesamaptaan jasmani diikuti oleh seluruh anggota Polres Rote Ndao dan Polsek jajaran. Personel yang akan mengikuti test sebelumnya dilakukan pemeriksaan Kesehatan oleh Si Dokkes dan dimulai dengan pemanasan. (6nur)