Kegiatan Preventif Polsek Rote Barat Dalam Menjaga Kamtibmas Pada Daerah Tujuan Wisata

Kegiatan Preventif Polsek Rote Barat Dalam Menjaga Kamtibmas Pada Daerah Tujuan Wisata
Bhabinkamtibmas Desa Oenggaut,Desa Nemberala dan Desa Boa Bripka Gusranto,Loe Melaksanakan Kegiatan Kepolisian di Wilayah Binaannya (Rabu 05/06/2024)

www.tribratanewsrotendao.com.Rote.Mendukung program pemerintah dalam meningkatkan pariwitasa di kabupaten rotendao  oleh Polsek Rote barat diwujudkan dengan meningkatkan kegiatan kepolisian yang mengedepankan kegiatan preventif atau pencegahan gangguan Kamtibmas.

Wilayah hukum Polsek rote barat merupakan tujuan utama para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga baik itu warga negara asing maupun warga lokal.

Hal ini di dukung oleh tersedianya fasilitas yang memadai dan mudah diakses bagi para wisatawan baik itu hotel/villa maupun resort yang ada di kecamatan rote barat.

Dengan adanya warga negara asing maupun warga lokal yang keluar masuk wilayah kecamatan rote barat menjadikan tugas polri harus menyesuaikan dengan situasi di lapangan.

Untuk mencegah terjadi kesalahpahaman dengan warga lokal karena faktor bahasa dan kebiasaan WNA selama berada di wilayah hukum Polsek rote barat maka tindakan pencegahan dilakukan untuk  dengan pengelola villa/resort agar selalu berkoordinasi dengan Polsek rote barat jika menemukan adanya potensi gangguan Kamtibmas.

Aipda Arki toto saat di konfirmasi mengungkapkan bahwa kegiatan kepolisian yang dilaksanakan sebagai upaya polri khususnya Polsek Rote barat untuk menciptakan kenyamanan bagi seluruh warga kecamatan Rote barat " ungkap Ps Kasium Polsek Rote barat

Untuk resort atau villa yang ada juga telah kami sampaikan nomor call center Polsek rote barat supaya memudahkan pengelola hotel atau resort untuk menghubungi piket Polsek jika terjadi gangguan Kamtibmas selain itu melalui tokoh masyarakat kami jika selalu berkoordinasi untuk membantu polri dalam menjaga kamtibmas"tambah nya.

Tanggapan positif juga diungkapkan oleh masyarakat desa Sedeoen atas kinerja Polsek Rote barat selama ini dalam menjaga Kamtibmas dengan melakukan patroli maupun himbauan Kamtibmas.

 

"Kegiatan personel Polsek rote barat selama ini patut diapresiasi karena selain melaksanakan tugas rutin juga melakukan pengamanan dan pengaturan pada setiap sekolah yang ada di wilayah Rote barat.Patroli juga rutin di lakukan karena kecamatan Rote barat merupakan tujuan wisata "ungkap Steven Ballu

Kepada tribratanewsrotendao Kapolsek Rote barat menjelaskan SOP pelaksanaan tugas yang diterapkan bagi personelnya melalui kegiatan Anev yang dilakukan setiap bulan.

"Selain melalui arahan dan penyampaian informasi kepada seluruh personel melalui apel pagi juga kami sudah dilakukan secara rutin Anev secara internal oleh seluruh personel Polsek untuk memaparkan hasil pelaksanaan tugas yang telah di laksanakan serta target pelaksanaan tugas yang ingin di capai di bulan berikutnya dan itu wajib oleh seluruh personel Polsek rote barat "tutur Kapolsek Rote barat

Sedangkan dalam pelaksanaan tugas sehari hari kami akui bahwa dari 8 Polsek yang ada pada jajaran Polres rote ndao  hanya wilayah hukum Polsek Rote barat yang paling utama menjadi tujuan wisata baik itu pejabat negara saat kunjungan kerja maupun wisatawan asing dan wisatawan lokal sehingga peran bhabinkamtibmas dan personel Polsek yang melaksanakan tugas preventif harus selalu siaga " tambah Kapolsek Iptu Marfilson Petrus.S.H. (Bdn_23)