Berikan Edukasi dan Sosialisasi Kamtibmas, Satuan Binmas Polres Rote Ndao Sambangi Warga Pulau Terluar

Berikan Edukasi dan Sosialisasi Kamtibmas, Satuan Binmas Polres Rote Ndao Sambangi Warga Pulau Terluar
Kasat Binmas Polres Rote Ndao IPTU Yeri Lazarus Dowa, S.H. yang didampingi Kaur Mintu BRIPKA Johanes Pelokila, Kanit Binkamsa BRIPKA Mikris Nalle dan Bhabinkamtibmas Desa Landu BRIGPOL Marsel B.W. Henukh saat bertatap muka dengan warga dalam kegiatan sambang di Dusun Tianano dan Dusun Lohaen, Desa Pulau Landu, Kecamatan Rote Barat Daya, Rabu (28/02).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, “Saya berharap agar seluruh masyarakat peduli dan terlibat langsung untuk selalu tetap menjaga lingkungannya agar tetap aman dan kondusif, bilamana ada yang mencurigakan dimana ada gangguan kamtibmas agar melaporkan ke petugas untuk ditindak lanjuti”.

Demikian sepenggal himbauan yang disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Rote Ndao IPTU Yeri Lazarus Dowa, S.H. yang didampingi Kaur Mintu BRIPKA Johanes Pelokila, Kanit Binkamsa BRIPKA Mikris Nalle dan Bhabinkamtibmas Desa Landu BRIGPOL Marsel B.W. Henukh saat bertatap muka dengan warga dalam kegiatan sambang di Dusun Tianano dan Dusun Lohaen, Desa Pulau Landu, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Rabu (28/02/2024).

Dalam kesempatan tersebut Kasat mengajak warga untuk bersama-sama menjaga keamanan khususnya di dalam desa, karena keamanan adalah tanggungjawab bersama.

Dirinya juga menghimbau agar warga selalu berkordinasi dan membantu menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas atau Polsek Rote Barat Daya apabila terdapat permasalahan yang terjadi diwilayah Desa.

“Kamtibmas adalah tanggung jawab kita semua, bukan hanya tugas Polisi namun diperlukan juga dukungan serta kerjasama dari semua warga, kalau wilayah sudah aman, maka seluruh kegiatan atau aktifitas dapat berjalan dengan baik,” ujar Kasat.

Tak hanya tentang kamtibmas, Kasat juga memberikan sosialisasi tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), ia berharap jangan sampai ada warga Desa Landu yang menjadi korban dari tindak perdagangan orang, apalagi sampai terlibat dalam sindikatnya.

Disampaikannya, telah banyak warga dari NTT yang menjadi korban perdagangan orang hingga ke luar negeri, dirinya pun mengajak apabila ada warga yang ingin bekerja di luar daerah atau ke luar negeri agar mendaftarkan diri ke agen yang resmi.

“Setiap kita tentunya ingin kedepannya hidup yang lebih baik, salah satunya dengan mengadu nasib menjadi tenaga kerja di daerah lain, namun saya ingatkan agar mendaftarkan diri kea gen yang resmi jangan karena iming-iming gaji besar terus ikut namun akhirnya rugi sendiri,” pinta Kasat.

Menutup imbauannya, Kasat mengingatkan bahwa tahapan Pemilu masih berjalan, untuk itu dia mengharapkan untuk warga agar saling menghormati dalam tahapan-tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024.

“Tahapan Pemilu 2024 masih berjalan, rapat pleno Tingkat Kabupaten akan digelar dalam satu dua hari kedepan, untuk itu saya ingatkan berbeda pilihan itu biasa, namun rasa persaudaraan tetap harus terjaga dan dijunjung tinggi,” tutup Kasat.

Diketahui bahwa Desa Landu merupakan pulau terpencil dan terluar dari wilayah Kabupaten Rote Ndao yang berada dibawah administrasi Kecamatan Rote Barat Daya. (6n)