Tingkatkan Kemampuan Bintara Remaja, Satuan Samapta Polres Rote Ndao Latih Pengendalian Massa

Tingkatkan Kemampuan Bintara Remaja, Satuan Samapta Polres Rote Ndao Latih Pengendalian Massa
Kasat Samapta IPTU Naftali Johannis Eduard Lede, S.H. saat pimpin pelatihan Pengendalian Massa (DALMAS) bagi puluhan Bintara Remaja Polres Rote Ndao di lapangan apel Mapolres pagi ini, Sabtu (25/02).

www.tribratanewsrotedao.com – Rote, Satuan Samapta Polres Rote Ndao yang dipimpin langsung oleh Kasat Samapta IPTU Naftali Johannis Eduard Lede, S.H. menggelar latihan Pengendalian Massa (DALMAS) bagi puluhan Bintara Remaja Polres Rote Ndao yang bertempat di lapangan apel Mapolres pagi ini, Sabtu (25/02/2023).

Anggota Dalmas sebagai pengendali massa yang bergerak dalam ikatan kesatuan untuk mencegah massa masuk ke dalam suatu lokasi atau menghalau massa yang mulai bergerak anarkis, perlu diberikan latihan secara rutin.

Hal ini yang menjadi alasan bagi Satuan Samapta untuk mempersiapkan personel Polres Rote Ndao agar dapat menghadapi suatu kejadian yang melibatkan massa khususnya bagi para Bintara Remaja. Diketaui bahwa Polres Rote Ndao mendapat penambahan personel Bintara Remaja sebanyak 48 personel.

Di sela-sela kegiatan, Kasat Samapta dalam kesempatannya menjelaskan bahwa kegiatan latihan Dalmas merupakan latihan dalam rangka meningkatkan skill atau kemampuan khususnya para Bintara Remaja yang nantinya tergabung dalam Unit Dalmas yang bertugas untuk menghalau kegiatan aksi unjuk rasa yang mengarah anarkis sekaligus sebagai persiapan dalam menghadapi Pemilu Serentak Tahun 2024 mendatang.

"Ini bukan baru, saat mereka di lembaga pendidikan tentunya sudah mendapat materi dan pelatihan Dalmas, jadi kita disini intinya adalah untuk mengingatkan sekaligus mengasah kemampuan agar selalu kompak dan solid sebagai langkah persiapan dalam menghadapi demonstrasi yang mengarak ke tindakan anarkis," jelas Kasat.

Selain itu latihan ini bertujuan agar personel dalam melaksanakan tugas di lapangan nantinya tetap mengedepankan sikap humanis, bertindak sesuai protap yang ditetapkan, tidak anarkis dan tetap mengutamakan keselamatan masyarakat, imbuhnya.

Dalam pelatihan yang diberikan bukan hanya pelatihan Pengendalian Massa namun ada juga materi tentang jajar kehormatan. (6nur)