Tekan Angka Kecelakaan Dan Pelanggaran Lalu-Lintas, Polres Gelar Operasi Patuh Turangga 2020

Tekan Angka Kecelakaan Dan Pelanggaran Lalu-Lintas, Polres Gelar Operasi Patuh Turangga 2020
Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga 2020, di lapangan apel Mapolres Rote Ndao pagi ini, (23/07)

www.tribratanewsrotendao.com, Rote – Sejak hari ini, jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia akan menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Patuh 2020.

Operasi yang digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di masa adaptasi kebiasaan baru. Dengan adanya operasi kepolisian ini diharapkan masyarakat dapat menyesuaikan kebiasan dalam berkendara terutama di masa pandemi ini.

Demikian pula hari ini, secara serentak jajaran Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur turut menggelar apel gelar pasukan, tanda dimulainya Operasi Patuh 2020. Bertempat di lapangan apel Mapolres Rote Ndao, jajaran Polres Rote Ndao menggelar apel gelar pasukan Operasi Patuh Turangga 2020, Kamis (23/07/2020).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakapolres Rote Ndao Kompol Herman N. Lona, SH dengan Perwira Upacara Kasat Lantas Iptu Yulius Z. Nalle dan Komandan Upacara Kasie Propam Ipda Jacob S. Bessie.

Dalam amanatnya Wakapolres membacakan amanat Kakorlantas Mabes Polri. Sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kita diharapkan untuk :

  1. Mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas);
  1. Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas; 
  2. Membangun budaya tertib berlalu lintas; dan     

4.    Meningkatkan    kualitas   pelayanan       kepada publik.

Keempat harapan ini, merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri,  melainkan  sinergitas antar pemangku kepentingan   menjadi   sangat   mendasar        dalam   menemukan  akar    masalah, dan solusinya yang harus diterima dan dijalankan oleh semua pihak, ucap Waka dalam amanatnya.

Lanjutnya, Program nawacita Presiden RI adalah menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap bangsa, dari salah satu nawacita Presiden RI ini dijabarkan dengan kesebelas program prioritas Kapolri yaitu Promoter (profesional, modern dan terpercaya). program kesebelas yaitu quick wins polri di dalam pelaksanaan tugas Kepolisian diimplementasikan dengan kehadiran anggota Polri di tengah-tengah masyarakat, dimana Korlantas Polri menjabarkan program kesebelas point keenam yaitu Polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor tertib sosial di ruang publik.

Hadir dalam apel gelar pasukan, para PJU Polres Rote Ndao, Kapolsek jajaran, para Perwira – Bintara staf serta personel yang terlibat dalam Operasi Patuh Turangga 2020 tingkat Polres Rote Ndao.

Adapun sasaran dalam Operasi Patuh Turangga 2020, antara lain :

  1. pengemudi menggunakan handphone;
  2. pengemudi melawan arus;
  3. pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu;
  4. pengemudi di bawah umur;
  5. pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI;
  6. pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba atau mabuk;
  7. pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan;

Operasi Patuh Turangga 2020 akan digelar selama 2 pekan kedepan terhitung hari ini tanggal 23 Juli sampai dengan 5 Agustus 2020 mendatang. Pelaksanaan operasi bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dan patuh menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (6”nur)