Tak Kenal Siang dan Malam, Bhabinkamtibmas Bripka Dhanik Sambangi Warganya Imbau Kamtibmas

Tak Kenal Siang dan Malam, Bhabinkamtibmas Bripka Dhanik Sambangi Warganya Imbau Kamtibmas
Bhabinkamtibmas Desa Boni dan Desa Tasilo Bripka Dhanik Febrianto saat menyambangi salah satu warga desa binaannya di Desa Tasilo, Kecamatan Loaholu, Kamis (10/10).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Kegiatan sambang desa, bertemu dan kumpul bersama warga binaan, menjadi rutinitas anggota Bhabinkamtibmas Polsek Rote Barat Laut. Kumpul bareng, sembari bercengkrama dengan masyarakat desa binaan, pun seakan menjadi tradisi yang sudah melekat dan menjadi kebiasaan tersendiri.

Kegiatan rutinitas seperti ini sekaligus menjadi ujung tombak Polri dalam menciptakan situasi kondisi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Rutinitas itu selain upaya pemeliharaan kamtibmas (harkamtibmas) di desa binaan. Keberadaan dan keaktifan personel Bhabinkamtibmas di tengah warga dapat menjalin keakraban dan kedekatan Polri dan masyarakat, sekaligus menjalin rasa kekeluargaan.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Boni dan Desa Tasilo Bripka Dhanik Febrianto yang tak kenal siang maupun malam untuk mengunjungi warga desa binaannya untuk memberikan dan menghimbau kamtibmas.

Salah satu yang terpantau, semalam sekitar pukul 19.00 Wita Bripka Dhanik mengunjungi salah satu warganya Feky Mbau yang beralamat di RT. 005/RW. 003 Dusun Oetetel, Desa Boni, Kecamatan Loaholu, Kamis (10/10/2024).

Atas apa yang dilakukannya ini, warga masyarakat pun menyambut baik kehadiran Polisi, dengan harapan selalu tercipta situasi dan kondisi kamtibmas yang kondusif di desa binaan dan wilayah hukum Polsek Rote Barat Laut.

Menurut Bripka Dhanik, menyambangi warga merupakan tugas seorang Bhabinkamtibmas, bila semakin dekat dengan masyarakat maka tugas Bhabinkamtibmas semakin mudah.

“Kalau kita dekat dengan masyarakat, maka tugas makin mudah, dengan kamtibmas yang aman dan kondusif maka masyarakat juga bisa melaksanakan kegiatan sehari-harinya dengan lancar,“ ujar Bripka Dhanik.

Sementara itu Kapolsek Rote Barat Laut IPDA Andri L. Pah, S.H. mengatakan bahwa kegiatan sambang dan berkumpul sudah menjadi rutinitas anggotanya terutama Bhabinkamtibmas. Dirinya pun mengungkapkan bahwa Polsek Rote Barat Laut yang membawahi dua wilayah Kecamatan bukan menjadi hambatan dalam menjalin hubungan Polri dan masyarakat.

“Polsek Rote Barat Laut membawahi dua wilayah diantaranya Kecamatan Rote Barat Laut itu sendiri dan wilayah Kecamatan Loaholu, ini bukan menjadi hambatan walaupun wilayah hukum kita luas, dengan hadirnya sosok Polisi di tengah masyarakat tentu banyak keuntungan, selain dekat dengan masyarakat, kita juga dapat menyerap berbagai informasi yang berkembang, tak hanya itu dengan sambang maka makin erat tali silaturahmi antara Polisi dan warga,“ jelas Kapolsek.

Meski demikian Kapolsek juga berharap bukan hanya pihak Kepolisian yang aktif dalam cipta kamtibmas, namun juga sangat diperlukan dukungan dari masyarakat dalam bersama-sama menciptakannya.

Diketahui, Bripka Dhanik semalam tidak hanya menyambangi warga desa binaannya di Desa Boni, namun dirinya juga menyambangi salah satu warga binaannya Bapak Isak De'a yang beralamat di RT. 007/RW. 004 Dusun Oelaen, Desa Tasilo. (6n)