Tahapan Pendaftaran Bakal Calon Pilkada Ditutup Ketua KPU,Kabag Ops Polres Rote Ndao Himbau Ke-3 Paket Untuk Tetap Jaga Kamtibmas

Tahapan Pendaftaran Bakal Calon Pilkada Ditutup Ketua KPU,Kabag Ops Polres Rote Ndao Himbau Ke-3 Paket Untuk Tetap Jaga Kamtibmas
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono,S.ST,.M.K.P diwakili Oleh Kabag Ops Polres Rote Ndao AKP Aries Dharma Putera,S.E.,M.H saat Penutupan Tahapan Pendaftaran Bakal Calon Pilkada Kabupaten Rote Ndao (Jum 30/08/2024)

www..tribratanewsrotendao.com. Rote. Bertempat di halaman Kantor KPU Kabupaten Rote Ndao Tepat pukul 00.03 WITA, Ketua KPU Kabupaten Rote Ndao, Agabus Lau, S.E., menggelar konferensi pers berkaitan dengan Pemilukada serentak 2024 Tahapan Pendaftaran bakal calon peserta Pilkada. Kabupaten Rote Ndao.

Acara yang berlangsung di Kompleks Perkantoran Bumi Ti'i Langga Permai, Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalain ini, menandai berakhirnya  pembukaan pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rote Ndao yang digelar selama 3 (tiga) hari yaitu tanggal 27 - 29 Agustus 2024 pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Konferensi Pers Ketua KPU Rote Ndao ini didampingi oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Rote Ndao, Demsy Toulasik, S.E., Komisioner Bawaslu Kabupaten Rote Ndao, Hasan S. Selolong, serta Kabag Ops Polres Rote Ndao, AKP Aries D. Putra, S.E., M.H.,

Agabus Lau mengungkapkan perkembangan  proses pendaftaran yang  berlangsung."Pada hari pertama,Selasa 27 Agustus 2024, dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA, kami belum menerima pendaftaran dari pasangan calon mana pun," ungkap Agabus Lau.

"Pada hari kedua Selasa  tanggal 28 Agustus 2024 Tepat pukul 14.00 WITA, Pasangan Calon dari Paket ITA ESA (Paulus Henukh, S.H. dan Apremoi D. Dethan) menjadi yang pertama mendaftar sebagai bakal calon peserta Pilkada Kabupaten Rote Ndao 2024. Setelah melalui proses verifikasi ketat, dokumen mereka dinyatakan lengkap"

"Puncaknya terjadi pada hari ketiga, 29 Agustus 2024. Dua pasangan calon sekaligus mendaftarkan diri untuk bertarung dalam Pilkada mendatang. Paket LENTERA yang diusung oleh Paulina Haning dan Sandro Fanggidae, serta Paket LONTAR MALOLE yang digawangi oleh Vicoas Amalo dan Bima Fanggidae, berhasil melengkapi dokumen pendaftaran mereka setelah diverifikasi oleh tim KPU"

"Kami telah memberikan surat rekomendasi kepada mereka untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUP Dr. Ben Mboi, Kota Kupang," tambah Agabus Lau.

Di sisi lain, Ketua Bawaslu Kabupaten Rote Ndao, Demsy Toulasik, menegaskan komitmen pihaknya untuk memastikan semua tahapan berjalan dengan ketat dan transparan.

“Proses demokrasi di Rote Ndao masih panjang, dan kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pengawasan,” ujarDemsi Toulasik.

"Ketua Bawaslu kabupaten Rote Ndao  juga menekankan pentingnya media dalam menjaga keseimbangan informasi guna mencegah polarisasi di tengah masyarakat."

Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono,S.ST.,M.K.P. melalui Kabag Ops Polres Rote Ndao, AKP Aries D. Putra S.H.,M.H, menutup konferensi pers dengan memberikan himbauan Kamtibmas yang disiarkan secara live melalui portal media online YouTube KPU Rote Ndao 

Kabag Ops mengingatkan agar semua pasangan calon yang telah mendaftar untuk menjaga kedamaian dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung.

“Kami dari Polres Rote ndao siap mengamankan setiap tahapan Pilkada 2024 dengan sandi Operasi Mantap Praja Turangga 2024,” tutur Kabag Ops

Selama tahapan pendaftaran Bakal Calon Pilkada kabupaten Rote ndao yang telah digelar selama 3 (tiga) suasana Kamtibmas sangat kondusif,pengawalan dan pengamanan massa dari masing masing bakal calon  sudah dilakukan semenjak dari wilayah hukum Polsek jajaran Polres Rote Ndao untuk mencegah kecelakaan dan kemacetan selama berkendara menuju lokasi posko tim pemenangan hingga melakukan pendaftaran pada kantor KPU Rote ndao"

"Dalam bermasyarakat diharapkan tidak terjadi polarisasi karena urusan politik yang bisa merusak persatuan dan kesatuan karena perbedaan pilihan politik serta hindari penyebaran hoaks atau berita bohong melalui konten maupun postingan yang berbau SARA atau Politik Identitas"

" Mari ciptakan pilkada kabupaten Rote Ndao yang aman dan damai untuk menghasilkan pemimpin daerah yang membawa dampak positif bagi masyarakat kabupaten Rote Ndao" Kabag Ops Polres Rote Ndao AKP Aries Dharma Putra,S.E..H. (Bdn_23)