Silaturahmi Bersama Warga Papela, Kapolres Rote Ndao Ajak Cipta Kamtibmas Yang Aman dan Kondusif

Silaturahmi Bersama Warga Papela, Kapolres Rote Ndao Ajak Cipta Kamtibmas Yang Aman dan Kondusif
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi Kepala UPTD Pendapatan Daerah Kabupaten Rote Ndao Peterus A. Manehat, S.Sos dan Kepala Jasa Raharja Kabupaten Rote Ndao M. Romirza Iriranggie, S.Kom., saat bersilaturahmi dengan warga Desa Papela, Kecamatan Rote Timur, Sabtu (16/09).

www.tribratanewsrotendao.comRote, Dalam rangka menjaga pemantapan pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif, Polres Rote Ndao jajarannya terus melakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan menjalin silaturahmi bersama masyarakat Desa Papela.

Kegiatan yang dilaksanakan di Cafe D-Rik, Desa Papela, Kecamatan Rote Timur tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. didampingi oleh Pejabat Utama, Sabtu (16/09/2023).

Pada kesempatan itu, Kapolres meminta kepada para Tokoh Masyarakat yang hadir untuk ikut membantu Polres Rote Ndao dalam menyampaikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat serta menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Rote Ndao khususnya di Kecamatan Rote Timur yang sejuk, damai dan ramah.

“Tugas jaga kamtibmas bukan semata-mata tugas dari pihak Kepolisian, namun perlu dan harus masyarakat ambil bagian, dan saya berterima kasih bahwasanya di wilayah Rote Timur hingga saat ini situasi masih berjalan dengan aman dan kondusif, ini berkat peran serta kita semua,” tutur Kapolres.

Jika ada permasalahan di warga masyarakat yang mengharuskan kehadiran Polisi maka sudah ada Bhabinkamtibmas, sampaikan langsung kepada mereka, saya sudah sampaikan bahwa Bhabinkamtibmas adalah perpanjangan Kepolsiian, maka mereka harus merespon dengan cepat dan jelas atas keluhan warga, atau bisa kontak saya langsung, nomor handphone Kapolres sudah disebar dan terpampang di spanduk atau baliho di mana-mana, imbuhnya.

Lebih lanjut, Kapolres juga menyampaikan apabila harus membuat laporan atau mengadu ke Polisi, maka seyogyanya dapat datang ke Mapolsek Rote Timur untuk penanganannya.

“Apabila ada bapak, mama, kakak yang mau melapor silahkan datang ke Polsek terdekat, tidak perlu ke Polres karena jaraknya yang jauh, nanti di Polsek juga cepat ditangani dan diproses sesuai aturan yang berlaku,” ujar Kapolres.

Beberapa waktu lalu ada warga dari Rote Timur yang lapor hingga ke Polres, sebenarnya kan ada Polsek di sini, dan lebih dekat lagi, namun apapun itu kami akan proses secara profesional dan sesuai aturan yang berlaku, imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Kapolres juga menyinggung tentang rekrutmen anggota Polri, dikatakannya untuk mendaftar saat ini ada program Rekrutmen Proaktif (Rekpro) yang memberi kesempatan dan memprioritaskan putra daerah.

Disampikannya, bagi orang tua yang ingin anaknya menjadi anggota Polri agar dipersiapkan dengan baik dengan cara belajar dan berlatih dengan tekun serta menjaga kesehatan tubuhnya. Tidak percaya terhadap siapa pun yang mengaku bisa membantu meloloskan menjadi Polisi dengan membayar uang.

Sementara itu salah satu Tokoh Masyarakat Desa Papela H. Ardani mengungkapkan rasa terima kasih atas kehadiran dan kepedulian Kapolres dalam hal kamtibmas, dikatakannya sebagai salah seorang tokoh di desa, dirinya siap mendukung langkah Polres dan Polsek dalam cipta Kamtibmas.

“Kami sangat berterima kasih atas kehadiran Kapolres dan rombongan, apalagi sampai malam hari, ini sungguh suatu kehormatan bagi kami, bersama ini pula dapat kami sampaikan bahwa masyarakat Rote Timur khususnya Desa Papela akan sangat mendukung semua program dan langkah Polres ataupun Polsek dalam rangka ciptakan kamtibmas,” ujarnya.

Tak hanya PJU Polres dan Polsek diantaranya Wakapolres Kompol Anthonius Mengga, Kabag Ops AKP Muhamad Nawawi, S.H., Kasat Reskrim IPTU Yeni Setiono, S.H., Kasat Lantas IPTU Rally B. Lerrick, S.Sos, M.A.P., Kapolsek Rote Timur IPDA Yohn Fransius Kotta, Kapolsek Pantai Baru IPDA I Wayan Suyadnya, Kapolsek Lobalain IPDA I Gede P. Parwata, S.H., Tokoh Masyarakat H. Ardani Laduma dan Sarif Pello, Kepala Desa Papela Sugiarto F.A. Azhari dan tokoh perempuan Desa Papela, turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kepala UPTD Pendapatan Daerah Kabupaten Rote Ndao Peterus A. Manehat, S.Sos bersama staf, Kepala Jasa Raharja Kabupaten Rote Ndao M. Romirza Iriranggie, S.Kom. (6n)