Siap Mengamankan Tahapan Pemilukada Serentak Tahun 2024, Polres Rote Ndao Gelar TFG Operasi Mantap Praja 2024

Siap Mengamankan Tahapan Pemilukada Serentak Tahun 2024, Polres Rote Ndao Gelar TFG Operasi Mantap Praja 2024
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. saat memberikan penjelasan kepada Sekda Kabupaten Rote Ndao dan undangan TNI dalam kegiatan Tactical Floor Game (TFG) yang digelar dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada Serentak 2024 di aula Wirasatya Mapolres, Senin (19/08).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Sebagai wujud kesiapan dalam mengamankan tahapan Pemilukada Gubernur – Wakil Gubernur dan Bupati – Wakil Bupati Serentak Tahun 2024, Jajaran Polres Rote Ndao menggelar Tactical Floor Game (TFG) bertempat di Aula Wirasatya, Mapolres Rote Ndao, Senin (19/08/2024).

Kegiatan TFG ini merupakan dari rangkaian persiapan yang dilakukan oleh Polres Rote Ndao dalam mempersiapkan dan menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif jelang, saat dan pasca Pilkada Serentak.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekda Kabupaten Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly MM., yang didampingi Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. bersama Pas Intel Lanal Pulau Rote Lettu Laut (S) M. Suriaman Gea, Pasi Ops Kodim 1627/Rote Ndao Letda Inf. David Mooy SH, Danpos AU Bandara DC Saudale Letda (Lek) Handri Idayana dan perwakilan Kejaksaan Negeri Rote Ndao Samuel Naibaho.

Turut hadir dalam kegiatan antara lain PJU Polres, Kapolsek jajaran, Wadanki Brimob Kompi 2 Batalyon A Rote Ndao Ipda Dhores, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Rote Ndao Elias Talomanafe, S.Pd, Korsek Bawaslu Rote Ndao Marthinus Allo, SH, Kassubag Teknis KPU Rote Ndao Ardiansyah F.B. Lola, Basarnas Kabupaten Rote Ndao Dennys Solukh dan Supriyadi Mari, Kabid Poldagri Kesbangpol Rote Ndao Usman Selly dan Kasat Pol PP Yeskiel Messakh.

Dalam sambutan singkatnya, Kapolres menyampaikan bahwa kegiatan Tactical Floor Game ini merupakan satu dari empat persiapan yang telah dilaksanakan oleh Polres Rote Ndao dalam rangka mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak di Wilayah Kabupaten Rote Ndao.

“Untuk diketahui bahwa kegiatan TFG ini merupakan salah satu kegiatan dari empat kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Polres dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkada, kegiatan ini sekaligus mempersiapkan personel untuk memahami tindakan dan langkah apa yang harus dilakukan dalam menghadapi kontijensi dalam tahapan Pemilu melalui koordinasi Satuan Tugas (Satgas) yang ada,” jelas Kapolres.

Kapolres menambahkan, kegiatan Tactical Floor Game (TFG) ini menjadi wadah untuk berdiskusi, berkoordinasi, serta menyusun strategi pengamanan yang efektif demi menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu. 

“Dalam kegiatan simulasi kita gambarkan ketika kondisi atau situasi yang awalnya dalam keadaan aman, kemudian secara berangsur terjadi peningkatan eskalasi menjadi rawan dan sangat rawan. Semua kita praktikan sehingga seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan dalam keadaan siap,” tutur Kapolres.

Dalam simulasi TFG digambarkan bagaimana kesiapan sampai pergerakan sekelompok massa yang tidak puas akan hasil penghitungan dari Pleno KPUD. Massa yang awalnya melakukan demo dan orasi yang berjalan aman dan tertib hingga melakukan berbagai tindakan anarkis.

Atas perintah Kapolres kepada para Kasatgas yang terlibat untuk melakukan pengamanan dan tindakan sesuai dengan SOP, yang diawali dengan negosiasi serta himbauan oleh negosiator, dalmas awal, dalmas lanjut hingga lintas ganti oleh pasukan PHH Brimob.

Semua langkah telah dilakukan oleh petugas, namun massa semakin anarkis dan melakukan Tindakan yang melawan hukum, tak ingin situasi semakin tidak terkendali, akhirnya pasukan PHH Brimob diterjunkan untuk melakukan tindakan tegas terukur dengan menembakkan gas air mata ke arah massa.

Massa yang terdesak akhirnya membubarkan diri. Seluruh rangkaian ini disimulasikan dengan menggerakkan miniatur mobil, motor hingga orang-orangan di atas denah yang telah ditempel di lantai.

Polres Rote Ndao berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam menjaga proses pesta demokrasi di wilayah Kabupaten Rote Ndao, agar berjalan dengan aman, lancar dan kondusif sesuai tahapan yang telah ditentukan. (6n)