Siap Amankan Pemilu Serentak 2024, Polres Rote Ndao Gelar Gladi Posko Jalin Koordinasi Antar Satgas

Siap Amankan Pemilu Serentak 2024, Polres Rote Ndao Gelar Gladi Posko Jalin Koordinasi Antar Satgas
Kegiatan simulasi Gladi Posko oleh seluruh Satgas yang terlibat dalam Operasi Mantap Praja 2024 yang digelar di Aula Wirasatya, Jumat (16/08).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Jajaran Kepolisian Resor Rote Ndao bergerak cepat dengan mempersiapkan diri dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 yang sebentar lagi tahapannya akan digelar.

Berbagai kegiatan dan Langkah telah dilakukan untuk tetap menjaga situasi kamtibmas di seluruh wilayah Kabupaten Rote Ndao jelang gelaran Pilkada. Hal ini dilakukan untuk mencegah berbagai gangguan kamtibmas serta munculkan berbagai konflik yang dapat mengganggu tahapan Pilkada berlangsung.

Salah satu kegiatan dilaksanakan untuk mempersiapkannya dengan menggelar Gladi Posko Operasi Mantap Praja 2024. Gladi yang diikuti oleh seluruh Satgas pendukung diantaranya Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Gakkum, Satgas Kamseltibcarlantas, Satgas Humas dan Satgas Banops digelar di Aula Wirasatya Mapolres Rote Ndao, Jumat (16/08/2024).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi Kabag Ops AKP Aries Dharma Putra, M.H. 

Dalam arahannya saat membuka secara resmi kegiatan, Kapolres mengungkapkan bahwa kegiatan Gladi Posko merupakan salah satu elemen penting sebagai bentuk kesiapan Polres Rote Ndao dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024.

“Kegiatan ini adalah wujud dari kesiapan Polres Rote Ndao untuk mengamankan Pemilu Serentak 2024. Melalui Gladi Posko, masing-masing satgas dapat mengetahui apa dan bagaimana langkah yang akan dilakukan apabila ada kejadian maupun gangguan serta bagaimana system pelaporan saat operasi digelar,” ucap Kapolres.

Dalam pelaksanaannya, dilakukan simulasi bagaimana system pelaporan dan bagaimana langkah yang akan dilakukan oleh masing-masing satgas pendukung operasi usai diberikan kasus atau permasalahan oleh Posko Ops.

Sebanyak 17 (tujuh belas) Rencana Informasi Olah Strategi (RIOS) yang disampaikan oleh Posko Ops sebagai bahan untuk diolah dan dilakukan oleh seluruh Satgas dalam kegiatan simulasi Gladi Posko.

Diketahui bahwa Rencana Informasi Olah Strategi (RIOS) adalah langkah-langkah strategis yang direncanakan oleh Kepolisian untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memanfaatkan informasi dalam Operasi Kepolisian. RIOS sangat penting dalam operasi Kepolisian karena membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat, pengelolaan sumber daya, dan peningkatan efisiensi tindakan Kepolisian.

Melalui upaya ini, Polres Rote Ndao siap menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif dalam mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Rote Ndao dengan penuh integritas dan profesionalisme. (6n)