Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Rote Ndao : Pancasila Merupakan Ideologi Negara Yang Harus Dirawat dan Dijaga

Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Rote Ndao : Pancasila Merupakan Ideologi Negara Yang Harus Dirawat dan Dijaga
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. foto bersama PJU dan seluruh personel Polres Rote Ndao usai pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan apel Mapolres, selasa (01/10).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024, Kepolisian Resor Rote Ndao menggelar upacara yang dilakanakan di lapangan apel Mapolres Rote Ndao pagi ini, Selasa (01/10/2024).

Upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang bertindak sebagai Inspektur Upacara dan Kapolsek Rote Selatan IPDA Darma Elim Sallata yang bertindak sebagai Komandan Upacara dan Kabag SDM AKP Silfianus Hardi sebagai Perwira Upacara.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 mengangkat tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, tema ini menekankan pentingnya persatuan dan implementasi nilai-nilai Pancasila dalam upaya mewujudkan cita-cita besar bangsa Indonesia.

Upacara diikuti oleh seluruh personel Polres Rote Ndao, termasuk Pejabat Utama (PJU) Polres Rote Ndao, dengan barisan dari Satuan Lalu-lintas, Satuan Samapta, Staf Gabungan dan barisan gabungan Intel dan Reskrim. Kehadiran seluruh personel ini menunjukkan komitmen institusi Kepolisian khususnya Polres Rote Ndao dalam menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Irup, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, pembacaan Undang-undang Dasar Negera Republik Indonesia, pembacaan naskah Ikrar Hari Kesaktian Pancasila dan ditutup dengan doa bersama.

Dalam kesempatan ini, Kapolres mengucapkan Selamat Hari Kesaktian Pancasila dimana Kapolres menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta peran penting setiap warga negara, khususnya jajaran Kepolisian, dalam mengamalkan Pancasila dalam tugas sehari-hari.

“Selamat Hari Kesaktian Pancasila, mari jadikan Pancasila sebagai dasar negara kita dan melalui upacara ini sebagai bentuk komitmen Polres Rote Ndao dalam menjaga dan merawat Pancasila sebagai pemersatu bangsa,” ucap kapolres.

Dan melalui upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini juga menjadi momentum bagi Polres Rote Ndao beserta jajaran untuk mempertegas komitmen dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat berdasarkan nilai-nilai Pancasila, sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Rote Ndao untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia Emas melalui pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (6n)