Nusantara Cooling System Polres Rote Ndao Jelang Pilkada 2024 di Lapas Kelas III Ba’a

Nusantara Cooling System Polres Rote Ndao Jelang Pilkada 2024 di Lapas Kelas III Ba’a
Tim NCS Polres Rote Ndao dipimpin Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. saat menyambangi Lapas Kelas III Ba'a dalam rangka mengecek kesiapan TPS khusus dan memberikan himbauan kamtibmas bagi warga binaan Lapas, Sabtu (21/09).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Pelaksanaan kegiatan Nusantara Cooling System (NCS) Polri oleh Kapolres Rote Ndao dan Satuan Tugas (Satgas) Operasi Mantap Praja Turangga 2024 hari ini bertempat di Lapas Kelas III Ba”a, Sabtu (21/9/2024).

Tim NCS Polri yang dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi oleh Kasat Intelkam IPTU Lazarus Dowa, S.H, Kasat Binmas IPTU Frits O. Matly dan personel Polsek Lobalain Aiptu Dema Fuah, S.H.

Kedatangan tim NCS Polri disambut oleh Kepala Lembaga Pemasyarakat Kelas III Ba’a Hariyadi Nimrod Maikameng, S.H. bersama pejabat Lapas Kelas III Ba’a.

Dalam suasana yang penuh keakraban ini, Kapolres memberikan apresiasi kepada pihak lapas yang telah menerima kunjungan Tim NCS Polres Rote Ndao, dirinya pun menjelaskan akan kunjungan yang dilaksanakan, dikatakannya ini merupakan salah satu upaya dalam menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif jelang Pilkada 2024.

"Kehadiran Tim NCS bertujuan untuk menjalin silahturahmi dengan Lapas dan juga penghuni Lapas Kelas III Ba’a sebagai upaya untuk menciptakan suasana yang aman dan nyaman selama tahapan Pemilukada Serentak 2024 di Kabupaten Rote Ndao, saya sudah kunjungi Lapas 3 kali, sesuai data yang ada di TPS Khusus Lapas nanti terdapat 95 pemilih  yang akan menggunakan hak pilihnya," ujar Kapolres.

Lanjutnya, para penghuni Lapas juga memiliki hak untuk memilih dalam Pemilukada yang akan datang, sehingga terdapat Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus dalam Lapas seperti pada pelaksanaan Operasi Mantap Brata Turangga 2024 waktu lalu, untuk teknis penempatan TPS merupakan ranah penyelenggara pemilu namun pengamanan pada pelaksanaan pencoblosan suara nantinya personel Polres Rote Ndao akan ditempatkan disini.

“Walaupun penghuni Lapas dalam pengawasan petugas Lapas karena masih menjalani masa hukuman, besar harapan kami hal itu tidak menjadi potensi gangguan kamtibmas akibat perbedaan pilihan politik atau dukungan terhadap kandidat tertentu,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres juga memberikan himbauan kamtibmas langsung kepada para penghuni Lapas pada ibadah warga binaan di Gereja Lapas, selanjutnya Kapolres juga melakukan pengecekan kesiapan pengamanan baik personel, peralatan dan sistem pengamanan Lapas.

Sementara itu Kalapas menyampaikan bahwa pihaknya telah mempersiapkan berbagai kebutuhan dan kesiapan dalam penyelenggaran pemungutan suara khusus pada Pilkada Serentak di Lapas Kelas III Ba’a.

“Kami juga telah menyiapkan segala sesuatunya demi kelancaraan Pilkada, memang ini bukan pertama kali namun setiap adanya pemilihan umum di Lapas pasti ada TPS khusus, untuk itu kami siap untuk gelaran pesta rakyat ini,” tutur Kalapas.

Dirinya juga menjelaskan bahwa pihak Lapas sudah berkoordinasi dengan KPUD dan juga siap untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan Polres Rote Ndao serta mendukung berbagai program dan langkah yang telah dijalankan untuk bersama cipta kamtibmas.

Sambangi Posko Pemenangan Paket LENTERA

Usai menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Ba’a, tim NCS melanjutkan safari kamtibmas dengan menyambangi Posko pemenangan Paket LENTERA yang berlokasi di Bilangan Utomo, Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalain.

Kedatangan rombongan Tim NCS Polres Rote Ndao sekitar pukul 10.30 Wita diterima oleh Wakil Ketua tim pemenangan paket LENTERA Alfred Saudila, A.Md dan anggota tim pemenangan lainnya.

Di kesempatan ini, Kapolres kembali menyampaikan bahwa kedatangan tim NCS Polres Rote Ndao membawa misi yang sama yaitu ingin berdialog langsung dan memberikan himbauan kamtibmas selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Ini merupakan salah satu upaya Polres untuk tetap memberikan rasa aman kepada seluruh masyarakat Rote Ndao selama gelaran Pilkada Serentak 2024, Polres juga telah membentuk satuan tugas (satgas) Operasi untuk mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan kamtibmas, baik itu dalam bentuk gangguan nyata maupun melalui media sosial (dunia maya).  

Kapolres juga berharap melalui tim pemenangan dititipkan pesan kamtibmas kepada seluruh simpatisan agar bijak dalam bermedia sosial serta tidak menyebar informasi yang bisa menimbulkan gangguan kamtibmas selama tahapan pemilukada berjalan.

Sementara itu, tim pemenangan yang diwakili oleh Alfred Saudila, A.Md menyampaikan terima kasih atas kedatangan tim NCS Polres Rote Ndao yang telah hadir dan menyampaikan pesan kamtibmas kepada Tim Pemenangan dan tentunya hal ini akan diteruskan kepada seluruh simpatisan untuk bersama dalam menciptakan suasana kamtibmas yang aman dan kondusif selama tahapan pemilukada berlangsung.

"Kami siap membantu Polri khususnya Polres Rote Ndao untuk menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif selama tahapan Pilkada Serentak 2024, ini merupakan komitmen kami," tutur Alfred Saudila.

Kegiatan NCS ini dilakukan serentak oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif dalam masyarakat selama Tahapan pemilukada berlangsung.

Hal-hal yang berpotensi gangguan kamtibmas seperti penyebaran berita hoaks, penggunaan politik identitas atau SARA untuk kepentingan kelompok tertentu akan dilakukan penegakkan hukum melalui satuan tugas yang telah dibentuk selama pelaksanaan Operasi Mantap Praja Turangga 2024. (tbn)