Melalui Bimbingan Rohani dan Mental, Bag SDM Polres Rote Ndao Bentuk Karakter Casis Yang Beriman

Melalui Bimbingan Rohani dan Mental, Bag SDM Polres Rote Ndao Bentuk Karakter Casis Yang Beriman
Para Casis Bintara Polri Gelombang I TA. 2024 saat mengikuti bimbingan rohani dan mental di Aula Wirasatya Mapolres Rote Ndao, Rabu (17/01).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Polres Rote Ndao memberikan bimbingan rohani dan mental kepada 12 calon siswa Bintara Polri Gelombang I T.A. 2024, Rabu (17/01/2024).

Kegiatan yang digelar di Aula Wirasatya tersebut dipimpin oleh Bintara pembimbing Briptu Thaga Januario Leo Dima, S.H. yang didampingi Bripda Desmyati Angelyani Tallo, dengan mengambil tema tentang nasihat untuk hidup dalam kasih.

Sesuai dengan Bacaan Alkitab yang terdapat dalam Roma 12 : 9 - 21 disampaikannya bahwa manusia yang diciptakan segambar dengan Allah, sudah selayaknya hidup memancarkan kasih dan tidak hanya menerima kasih. Karena kita sudah menerima kasih Allah yang menyelamatkan, maka kita pun harus menyatakan kasih dengan ketulusan.

“Selain itu, kita juga harus menemukan pengharapan yang bisa memberikan sukacita di tengah kesukaran. Pengharapan seperti ini hanya bisa didapat di dalam Tuhan melalui ibadah dan persekutuan. Pengharapan seperti ini akan menimbulkan ketekunan. Kemudian, kita bisa memupuk relasi dengan Tuhan dan menyelaraskan diri kita dengan-Nya melalui doa,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Briptu Thaga juga mengharapkan setiap casis untuk selalu dan senantiasa mengucap syukur akan nikmat Tuhan, karena dengan adanya campur tangan dari Tuhan maka seluruh tujuan dan cita-cita yang kita inginkan dapat tercapai.

Sementara itu Kabag SDM AKP Silfianus Hardi mengatakan bahwa kegiatan binrohtal kepada para casis, merupakan kegiatan yang diselenggaralan secara rutin untuk membentuk pribadi yang takut akan Tuhan dan memiliki karakter yang beriman sebelum melaksanakan Pendidikan Polri.

”Tujuan dilakukan ini adalah memberikan bimbingan rohani kepada adik-adik agar kedepannya bisa lebih memahami tanggung jawabnya sebagai pribadi yang takut akan Tuhan, mampu menjaga hidup dari segala hal yang dapat merugikan dirinya sendiri dan mereka lebih bisa mendekatkan diri dengan penciptanya,” jelas Kabag.

Dengan binrohtal ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bimbingan psikologis bagi para calon siswa sebelum menempuh pendidikan Polri dan juga sebagai bekal untuk menjaga mental dan fisiknya kedepan, imbuhnya.

Diketahui calon Bintara Polri Gelombang I T.A. 2024 yang telah dinyatakan lulus dan mengikuti bimbingan dan latihan mandiri di Polres Rote Ndao sebanyak 12 orang, diantaranya 11 orang untuk Polisi Tugas Umum (PTU) dan 1 orang untuk Pendidikan Brimob. (6n)