Kontrol Penyerapan Anggaran, Polres Rote Ndao Gelar Monitoring dan Evaluasi TW I Tahun 2024

Kontrol Penyerapan Anggaran, Polres Rote Ndao Gelar Monitoring dan Evaluasi TW I Tahun 2024
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. yang didampingi Kabag Ren AKP Abrahim Tupong, S.Sos saat pimpin Monitoring dan Evaluasi (Monev) anggaran TW I Tahun 2024 di lantai 2 gedung Pelayanan Publik Mapolres Rote Ndao, Jumat (03/05).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Dalam rangka tertib dan lancarnya penyerapan anggaran Tahun Anggaran 2024, Polres Rote Ndao melalui Bagian Perencanaan (Bag Ren) menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) anggaran TW I Tahun 2024.

Monev yang digelar di lantai 2 gedung Pelayanan Publik dipimpin langsung oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. yang didampingi Kabag Ren AKP Abrahim Tupong, S.Sos, Jumat (03/05/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya para PJU Polres yang didampingi para Kaurmintu dan Kapolsek jajaran yang juga didampingi oleh para Kasium.

Monitoring dan Evaluasi penhyerapan anggaran Polres Polres Rote Ndao merupakan forum penting bagi Polres dan Polsek jajaran untuk mengevaluasi capaian kinerja anggaran, penyerapan, penggunaan dan sekaligus pertanggungjawabannya.

Kegiatan diawali dengan paparan oleh Kabag Ren, dalam paparannya Kabag menyampaikan hasil penyerapan anggaran Polres Rote Ndao di Tingkat Polda, dikatakannya sesuai data yang ada, Polres Rote Ndao menempati peringkat 3.

“Secara keseluruhan, Polres Rote Ndao telah menyerap anggaran sebesar Rp. 16.548.164.000,- dari total anggaran TA. 2024 sebesar Rp. 47.604.982.000,- atau sebesar 34.76%, ini artinya kita telah memenuhi target TW I, dan saat ini Polres Rote Ndao menduduki peringkat 3 sesuai daftar yang ada,” jelas Kabag.

Namun demikian, Kabag tetap berharap seluruh fungsi bagian hingga Polsek jajaran tetap melakukan penyerapan sesuai Rencana Penarikan Dana (RPD) masing-masing yang telah dibuat, sehingga dalam penyerapannya tetap tertib dan akuntabel.

Sementara itu, Kapolres menyampaikan bahwa monitoring dan evaluasi ini juga untuk mengetahui kendala yang dihadapi masing-masing bagian, satuan, seksi dan Polsek. Bilamana ada kendala dan hambatan, maka bisa dicari solusi agar kinerja dan capaian penyerapan anggaran bisa maksimal.

 

 Kapolres juga menyampaikan bahwa sepatutnya kita bersyukur kepada pemerintah dan Polri, dimana setiap kegiatan rutin dan operasional yang kita laksanakan telah mendapat dukungan anggaran yang memadai.

“Ini perlu kita syukuri, dimana setiap kegiatan yang kita laksanakan ada dukungan anggaran, gunakan dan pertanggungjawabkan dengan baik akan anggaran tersebut, jangan sampai disalahgunakan,” tutur Kapolres.

Lebih lanjut terkait realisasi anggaran, Kapolres berpesan agar anggaran yang sudah dicairkan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan peruntukannya, menurutnya hal ini merupakan sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas.

“Kembali saya tegaskan, gunakan anggaran sesuai dengan peruntukannya dan pertanggungjawabkan dengan laporan yang lengkap, apabila ada kendala segera koordinasikan dengan fungsi terkait, apabila ada yang perlu direvisi agar dikomunikasikan secara baik,” tegas Kapolres. (6n)