Kapolres Rote Ndao Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga 2024

Kapolres Rote Ndao Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga 2024
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. saat menyematkan pita tanda operasi pada perwakilan dari unsur TNI, Polri, Dishub dan Sat Pol PP pada Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Turangga 2024 di Mapolres, Senin (14/10).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P., memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Zebra Turangga 2024 yang digelar di Lapangan Apel Mapolres Rote Ndao pagi ini, Senin (14/10/2024).

Dengan Komandan Upacara IPDA Djoni Elvis Pada, S.H. dan Perwira Upacara Kabag Ops AKP Aries Dharma Putra, S.E., M.H.

Adapun pasukan upacara dari personel TNI AD Kodim 1627/Rote Ndao, personel Lanal Pulau Rote, personel Brimob Batalyon A Kompi II Pelopor, personel Polres dan Polsek jajaran, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Rote Ndao.

Apel gelar pasukan ditandai dengan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan masing-masing dari unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan Sat Pol PP.

Operasi ini digelar dalam rangka menciptakan kondisi Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas) menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih pada Pemilu 2024, dengan tema “Melalui Operasi Zebra 2024 Dalam Rangka Mendukung Suksesnya Pelantikan Presiden/Wakil Presiden Terpilih Serta Mengajak Masyarakat Untuk Tertib Berlalulintas Demi Terwujudnya Kamseltibcarlantas Yang Aman dan Nyaman”.

Dalam amanatnya, Kapolres mengungkapkan bahwa perkembangan transportasi telah memasuki era digital, dimana operasional angkutan publik sudah berada dalam genggaman, cukup menggunakan handphone.

“Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut,” ucap Kapolres.

Lanjutnya, Operasi Zebra ini merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta represif secara humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Sasaran Operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas dengan berpedoman pada sasaran tersebut di atas, maka diharapkan Operasi Zebra Tahun 2024 ini dapat menekan jumlah korban fatalitas laka lantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap,” imbuhnya.

Menutup amanatnya, Kapolres mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam mewujudkan keamanan dan keselamatan berlalu lintas. Kesadaran dan kepatuhan setiap individu adalah kunci utama dalam menciptakan kondisi lalu lintas yang tertib dan aman.

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan diantaranya, Sekda Rote Ndao Drs. Jonas M. Selly, MM., Pasi Ops Kodim 1627/RoteNdao Letda Inf. David Mooy, Dandenpomal Lanal Pulau Rote Kapten Laut (PM) Heru Wicaksono, Kasi Pidum Kejari Rote Ndao I Nyoman Agus Pradnyana, S.H., Hakim Pengadilan Negeri Rote Ndao Dimas Indra, Perwakilan Dishub Kabupaten Rote Ndao,  Kasat Pol-PP Kabupaten Rote Ndao Yeskiel Messakh, Kepala UPT Samsat Kabupaten Rote Ndao Petrus Manehat, Perwakilan Jasa Raharja Kabupaten Rote Ndao, Danki Brimob Kompi 2 Batalyon A Pelopor Rote Ndao IPTU Robi Ndu'ufi, S.H, para PJU Polres Rote Ndao dan Kapolsek Jajaran serta insan pers.

Diketahui Operasi Zebra Turangga 2024 akan berlangsung selama 14 hari, dimulai pada tanggal 14 hingga 27 Oktober 2024 nanti, dan khusus untuk Polres Rote Ndao melibatkan 35 personel yang terbagi dalam empat satuan tugas (Satgas) : Preemtif, Preventif, Gakkum dan Ban Ops.

Dengan digelarnya Operasi Zebra Turangga 2024 diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas, sekaligus menekan angka fatalitas kecelakaan lalu lintas, terutama menjelang momen penting pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih. (6n)