Kapolres Rote Ndao Pimpim Rakor Internal Kesiapan Operasi Mantap Praja 2024

Kapolres Rote Ndao Pimpim Rakor Internal Kesiapan Operasi Mantap Praja 2024
Rapat koordinasi internal Polres Rote Ndao dalam rangka kesiapan Pilkada Serentak 2024 yang digelar di lantai 2 Gedung Yanlik Tantya Sudhirajati, Rabu (07/08).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Serentak tahun 2024 di daerah Hukum Polres Rote Ndao, Kepala Kepolisian Resor Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. pimpin langsung kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) internal.

Kegiatan yang digelar di lantai 2 Gedung Pelayanan Publik (Yanlik) Tantya Sudhirajati itu diikuti oleh para Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek jajaran. Turut hadir juga Wakapolres Kompol Jonny S. Nahak, S.E., S.I.K., Rabu (07/08/2024).

Tujuan utama dari rapat koordinasi ini adalah untuk mempersiapkan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah yang dijadwalkan berlangsung pada akhir bulan Agustus 2024.

Kegiatan diawali dengan paparan oleh Kabag Ops AKP Aries Dharma Putra, M.H. yang memaparkan tentang langkah dan strategi dalam menghadapi gelaran Pemilu 2024.

Dipaparkan oleh Kabag, bahwa Kabupaten Rote Ndao masuk dalam kategori daerah rawan, untuk itu persiapan personel, peralatan serta pendukung lainnya akan disiapkan sebaik-baiknya.

Lanjut, kebutuhan personel termasuk pelibatan personel Brimob, TNI, serta instansi lain seperti dari Pol PP, BPBD, Linmas KPPS sudah dipersiapkan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

“Rote Ndao masuk dalam kategori daerah rawan, untuk itu pelibatan personel dalam Operasi Mantap Praja 2024 adalah yang paling penting, untuk itu kami sudah ploting dan rencanakan pelibatan anggota dalam setiap tahapan Pemilu,” jelas Kabag.

 Kami juga sudah membuat RAB dan TOR sesuai dukungan anggaran hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Rote Ndao kepada Polres Rote Ndao untuk dukungan pengamanan Pilkada, imbuhnya.

Sementara itu, Kasat Intelkam IPTU Yohanes D. Pedan, S.E. turut memaparkan tentang perkiraan intelijen dalam rangka jelang Pilkada Serentak 2024, diungkapkan Kasat bahwa Satuan Intelkam saat ini sedang mengumpulkan bahan dan informasi sebagai bagian dari penyusunan Perkiraan Intelijen.

Lebih lanjut, Kasat juga menyampaikan bahwa Satuan Intelijen nantinya siap memberikan informasi perkiraan pada setiap tahapan Pemilkada Serentak ke Bagian Operasional sebagai bagian dari kelengkapan adminsitrasi sekaligus sebagai bahan pertimbangan dalam pelibatan personel.

Sementara itu Kapolres yang dalam arahannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bag Ops karena telah mengadakan kegiatan rapat ini. Rapat koordinasi ini sangat penting sebagai langkah awal dalam pemetaan potensi kerawanan yang mungkin terjadi selama tahapan Pilkada tahun ini. Kapolres juga mengingatkan bahwa dalam pelaksanaan tugas harus dilengkapi dengan administrasi yang baik, seperti surat perintah untuk setiap kegiatan.

“Rapat koordinasi ini sangat penting, ini langkah awal sebagai bagian kesiapan kita dalam pengamanan Pilkada Serentak, kalau memang ada saran dan masukkan agar disampaikan dengan bijak, dan yang perlu saya ingatkan bahwa kedepan dalam setiap kegiatan harus dilengkapi dengan surat perintah dan yang paling penting jangan sampai terjadi duplikasi,” ujar Kapolres.

Kapolres juga menekankan kepada seluruh personel dan para Kapolsek jajaran untuk selalu memantau kerawanan ataupun gangguan kamtibmas yang dapat terjadi, lakukan koordinasi yang baik dengan berbagai lapisan masyarakat termasuk para tokoh yang ada untuk menjaga situasi tetap aman dan kondusif.

Lanjutnya, kesiapan logistik lakukan langkah pembenahan, terkait anggaran agar diporsikan dan alokasi dengan baik dengan koordinasi bersama pihak terkait.

“Tetap jaga moril dan mental dengan baik, hal ini penting agar institusi Polri khususnya kita di Polres Rote Ndao agar tetap obyektif dan tidak terlibat dalam politik praktis selama gelaran Pilkada Serentak,” tegas Kapolres.

Menutup kegiatan, Wakapolres juga menambahkan tentang pentingnya menjaga kekompakan dan soliditas dalam pelaksanaan tugas, untuk memastikan keberhasilan Operasi Mantap Praja dan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Hukum Polres Rote Ndao.

“Mari kita sukseskan Pilkada Serentak di Wilayah Hukum Polres Rote Ndao, untuk itu penting dan wajib kita semua dukung dengan kerja kompak dan kerja solid, karena dengan kebersamaan kita semua pasti semua pekerjaan akan sukses,” tutup Waka. (6n)