Kabag Ops Polres Rote Ndao dan Kapolsek Rote Barat Laut Gelar Jum’at Curhat dengan Kades dan Warga Desa Ingguinak

Kabag Ops Polres Rote Ndao dan Kapolsek Rote Barat Laut Gelar Jum’at Curhat dengan Kades dan Warga Desa Ingguinak
Kabag Ops Polres Rote Ndao AKP Muhamad Nawawi, S.H. yang didampingi Kasat Binmas AKP Bambang Hartoyo dan Paur Bag Log IPDA Ahmad A. Daud bersama Kapolsek Rote Barat Laut IPDA Esbon Toelle saat menggelar Jum’at Curhat di Desa Ingguinak, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao, Jum’at (10/03)

www.tribratanewsrotedao.com – Rote, Dalam rangka untuk menampung dan mendengar langsung keluhan, saran, masukkan serta infomasi langsung dari warga guna meningkatkan pelayanan Prima bagi seluruh lapisan masyarakat, Kabag Ops Polres Rote Ndao AKP Muhamad Nawawi, S.H. yang didampingi Kasat Binmas AKP Bambang Hartoyo dan Paur Bag Log IPDA Ahmad A. Daud bersama Kapolsek Rote Barat Laut IPDA Esbon Toelle menggelar Jum’at Curhat di Desa Ingguinak, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao, Jum’at (10/03/2023).

Bertempat di Kantor Desa, acara dihadiri Pj. Kepala Desa Ingguinak  Yustus Saudila, Tokoh masyarakat dan warga Desa Ingguinak.

Mengawali kegiatan Pj. Kepala Desa menyampaikan terimakasih kepada Polres Rote Ndao yang sudah melaksanakan kegiatan program kerja Jumat Curhat dan mendengar langsung keluhan serta masukan dari warganya.

“Saya atas nama warga Desa Ingguinak mengucapkan limpah terima kasih kepada Polres Rote Ndao dan Polsek Rote Barat Laut, dimana hari ini kami dikunjungi dan mau mendengar langsung saran, masukan serta keluhan dari warga kami, ini suatu kebanggan dan moment yang baik, “ ujar Kades.

Mengawali sambutan singkatnya, Kabag Ops menyampaikan bahwa Jum’at Curhat merupakan wadah dan sarana komunikasi antara warga dengan Polri secara langsung. Untuk itu Kabag juga menyampaikan rasa terima kasih kepada warga yang telah hadir.

Selain itu, Kabag juga mengharapkan warga dapat menyampaikan apapun keluh kesah masyarakat yang dialami, sehingga selanjutnya dapat ditindaklanjuti dan dicarikan solusi secara bersama-sama.

Kegiatan yang berlangsung santai dan penuh keakraban serta diisi dengan dialog interaktif dengan masyarakat seraya menerima langsung curhat warga terkait situasi kamtibmas yang berkembang di wilayah Desa Ingguinak.

Salah satu warga Jermias Nggili yang juga Kepala Dusun Haletakek menyampaikan bahwa petani di Desa Ingguinak tiap tahun selalu sulit mendapatkan pupuk subsidi untuk para petani, dan juga masih terdapat hewan dari Desa tetangga yang masuk lahan pertanian warga sehingga setiap malamnya pemilik lahan selalu menjaga  hasil pertanian diluar rumah.

Menanggapi hal itu, Kabag Ops menjelaskan bahwa terkait dengan masalah kelangkaan pupuk, pihak Polres masih dalam tahap proses penyelidikan untuk dapat mengetahui apa penyebab dari kelangkaan pupuk dan selanjutnya akan berkoordinasi dengan pemerintah Daerah.

Selanjutnya mengenai hewan, Kabag juga mengaharapkan adanya peran serta dari masyarakat sendiri dengan membuat pagar keliling di sekitar lahan dan juga pihak Desa dapat berkoordinasi dengan Desa tetangga.

“Warga juga diharapkan peran sertanya, buat pagar keliling, dengan demikian pasti dapat mengurangi resiko adanya hewan masuk lahan, dan juga untuk Kepala Desa segera koordinasi dengan Desa tetangga carikan solusi bagaimana baiknya bila terjadi hal demikian, nanti Bhabinkamtibmas akan dampingi, yang penting pada intinya jangan main hakim sendiri, itu nanti dapat melawan hukum, “ jelas Kabag Ops.

Menutup kegiatan, Kabag juga menyampaikan pesan kamtibmas yang berkaitan dengan isu Suanggi (santet) yang menjadi alasan masyarakat untuk melakukan Tindak Pidana pembunuhan, konsumsi minuman keras yang berlebihan dan masih adanya Kekerasan Seksual yang terjadi.

Apabila melihat, mengalami atau mengetahui adanya gangguan kamtibmas, warga agar jangan segan-segan untuk menghubungi atau melaporkan kepada Bhabinkamtibmas Desa atau langsung kepada Polsek Rote Barat laut, tutupnya. (6nur)