Hadiri Upacara HUT TNI Ke - 79, Kapolres Rote Ndao Berharap Sinergi TNI Polri Lebih Meningkat Lagi

Hadiri Upacara HUT TNI Ke - 79, Kapolres Rote Ndao Berharap Sinergi TNI Polri Lebih Meningkat Lagi
Jajaran Forkopimda Kabupaten Rote Ndao saat mengikuti Upacara memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-79 yang digelar di Lapangan Upacara Mako Lanal Pulau Rote, Desa Dolasi, Kecamatan Rote Barat Daya, Sabtu (05/10).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Kepala Kepolisian Resor Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P. bersama pejabat utama Polres menghadiri Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Tentara Nasional Indonesia yang digelar di Lapangan Upacara Mako Lanal Pulau Rote, Desa Dolasi, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (05/10/2024).

Turut hadir diantaranya PJ. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu, S.H., M.A., M.H., Dandim 1627/RN Letkol Inf. Alber Inkiriwang, S.IP., Ketua Pengadilan Negeri Fransiska Dari Paula Nino, S.H., M.H., Danpos AU Bandara DC Saudale Letda (Lek) Handri Hidayana, Plt. Asisten 2 Pemkab Rote Ndao Anton Banepa, S.E., Danki Brimob Kompi 2 Batalyon A Pelopor Rote Ndao IPTU Robi Ndu'ufi, S.H.

Selanjutnya juga Danki Satgas Pamputer Pulau Ndana Lettu Mar. Joko Supriyanto, Kasat Samapta IPTU Naftali J. E. Lede, S.H., Perwakilan Kejaksaan Negeri Arkilaus Saleh, S.H., Plt. Kalapas Kelas 3 Ba'a Hariadi Nimbrot Maikameng, S.H., Kasat Pol PP Kabupaten Rote Ndao Yeskiel Messakh, Kepala UPP Syahbandar Pelabuhan Ba'a Leonard Ndolu, Para perwira Kodim 1627/RN dan Lanal Pulau Rote, Perwakilan Kantor Pertanahan, Perwakilan BPBD, Para perwakilan pimpinan BUMN/BUMD, Para perwakilan guru dan/atau siswa/i pemenang lomba baris-berbaris yang diselenggarakan oleh Lanal Pulau Rote dan juga Insan pers.

Upacara HUT TNI ke-79 Tahun 2024 ini mengusung tema “ TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

Adapun yang bertindak selaku Inspektur Upacara Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Andrik Irwanto, dengan Perwira Upacara Kasatkom Lanal Pulau Rote Letda Laut (E) Voni Seprian dan Komandan Upacara Danunit Intel Kodim 1627/RN Letda Inf. Matias Modok.

Juga peserta upacara terdiri dari 2 Peleton Personel Kodim 1627/Rote Ndao, 1 Peleton Personel Lanal Pulau Rote, 1 Peleton Personel Marinir Satgas Pamputer Pulau Ndana, 1 Peleton Personel Kompi 2 Batalyon A Pelapor Brimob Rote Ndao, 1 Peleton Personel Dalmas Sat Sampata Polres Rote Ndao, 1 Regu Personel gabungan Sat Pol-PP dan Lapas Kelas 3 Ba'a Kabupaten Rote Ndao dan 1 Regu siswa/i SMA Negeri 1 Rote Barat Daya.

Dalam amanatnya Irup membacakan amanat dari Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, menurut Irup tema yang diusung dalam ulang tahun kali ini sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang PRIMA (Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif) dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup Bangsa dan Negara. 

"Makna yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu bahwa Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju," ucap Irup.

Pada kesempatan ini pula, Panglima TNI juga mengajak seluruh prajurit untuk menyambut Bapak Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih.

Sementara itu, Kapolres dalam kesempatan ini turut mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun kepada Tentara Nasional Indonesia ke-79, dirinya berharap dengan bertambah usia TNI semakin sukses dan dicintai rakyat.

“Saya atas nama keluarga besar Polres Rote Ndao bersama jajaran dan Bhayangkari mengucapkan Selamat Ulang Tahun TNI ke-79, semoga TNI semakin maju, semakin sukses dan dicintai rakyat,” ucap Kapolres.

Lebih lanjut, Kapolres pun berharap 3 Matra TNI yang ada di wilayah Kabupaten Rote Ndao diantaranya Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara semakin bersinergi dan berkolaborasi dengan jajaran Polres Rote Ndao demi keutuhan NKRI.

Seluruh rangkaian kegiatan upacara diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba baris-berbaris yang diselenggarakan oleh Lanal Pulau Rote yang diikuti oleh siswa/i SMA/SMK se-Kabupaten Rote Ndao dan ramah tamah. (6n)