Gaktiblin, Si Propam Polres Rote Ndao Cek Kelengkapan dan Sikap Tampang Anggota

Gaktiblin, Si Propam Polres Rote Ndao Cek Kelengkapan dan Sikap Tampang Anggota
Personel Si Propam Polres Rote Ndao saat melakukan pemeriksaan dan penertiban disiplin kepada personel, usai apel pagi di lapangan apel Mapolres Rote Ndao, Kamis (25/08).

 

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Kelengkapan diantaranya kelengkapan administrasi seperti KTA ( Kartu Tanda Anggota ), Sim ( Surat Ijin Mengemudi ) dan kelengkapan administrasi lainnya, merupakan kelengkapan yang wajib dimiliki oleh setiap anggota Polri dan wajib juga untuk selalu dibawa saat menjalankan tugasnya sehari-hari.

Hal ini menjadi wajib pasalnya setiap anggota harus memiliki identitas yang sah dan melekat sebagai aparat penegak hukum. Untuk itu hari ini usai apel pagi, Si Propam Polres Rote Ndao melakukan pemeriksaan dan penegakkan disiplin kepada seluruh personel yang hadir, Kamis (25/08/22).

Kegiatan gaktiblin dipimpin oleh Kasi Propam IPDA Daniel Bessie, S.H. bersama personel Propam Polres Rote Ndao. Pemeriksaan diawali dengan pemeriksaan terhadap seluruh pejabat utama Mapolres Rote Ndao dan dilanjutkan pemeriksaan terhadap seluruh personel Polres Rote Ndao.

Beberapa point penting yang menjadi sasaran dalam Gaktiblin ini diantaranya, :

Sikap tampang anggota Polri, bagi anggota yang berbaju dinas dilarang untuk memanjangkan rambut dan jambang.

Kelengkapan pribadi anggota meliputi SIM, KTA, KTP, kartu NPWP dan STNK serta kelengkapan lainnya berupa buku saku dan alat tulis.

Adapun beberapa pelanggaran yang didapati adalah tentang kerapihan rambut, dimana potongan rambut masih ada yang didapati tidak sesuai dengan aturan sebagai anggota Polri, beberapa anggota yang SIM yang sudah hampir habis masa berlakunya sehingga diarahkan untuk segera melakukan perpanjangan, untuk anggota yang didapati adanya pelanggaran langsung diberikan tegurann dan dicatat sebagai bahan evaluasi.

Pengecekan dilakukan bertujuan agar setiap personel Polri khususnya anggota Polres Rote Ndao selalu siap sedia baik kelengkapan diri maupun administrasi sebelum melaksanakan tugas, serta mampu menampilkan sikap tampang yang rapi dan humanis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Wakapolres Rote Ndao KOMPOL I Nyoman Surya Wiryawan, S.H. yang turut mengawasi berjalannya kegiatan penertiban mengatakan bahwa dengan rutin melakukan penertiban maka anggota semakin sadar dan tahu bahwasannya personel Polri sebagai panutan di tengah masyarakat dalam hal tertib dan disiplin.

“Polisi itu cerminan tertib dan disiplin, kalau kita mau tertibkan masyarakat, ya kita tertibkan diri sendiri dulu, kalau sudah tampilan bagus pasti masyarakat simpatik tinggal laksanakan tugas memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat, “ ujar Wakapolres.

Sementara itu, Kasi Propam menyampaikan bahwa kegiatan serupa djadwalkan secara rutin setiap bulannya guna meminimalisir pelanggaran anggota.

“Ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Si Propam, untuk itu kami harapkan dan perintahkan kepada anggota yang masih dinilai melanggar aturan agar segera menyesuaikan, dan mengenai kelengkapan administrasi kami juga ingatkan agar anggota segera melengkapinya karena apabila ada anggota yang sudah tercatat selama tiga kali mendapat teguran, maka akan diproses secara disiplin, “ jelas Kasi Propam. (6nur)