Difasilitasi Bhabinkamtibmas Permasalahan Potong Hewan Berakhir Damai.

Difasilitasi Bhabinkamtibmas Permasalahan Potong Hewan Berakhir Damai.
Bhabinkamtibmas Desa Oebela Brigpol Iwan Sebelah Melaksanakan Pengamanan Mediasi Pemotongan Hewan Di Lokasi Lakamolaanansio Desa Oebela (Rabu 19/06/2024)

www tribratanewsrotendao.com. Rote.Selalu mengendepankan tugas preemtif untuk menjaga Kamtibmas pada setiap wilayah binaan merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh personel bhabinkamtibmas di wilayah polres rote Ndao.

"Perbuatlah Sesuatu Walaupun Kecil Namun Bermanfaat bagi orang lain " merupakan kalimat yang selalu ditanamkan Kapolres rote ndao AKBP Mardiono,S.ST.,M.K.P kepada seluruh personelnya.

Dalam pelaksanaan tugas seorang Bhabinkamtibmas harus mampu untuk mengetahui setiap permasalahan di wilayah binaannya dan indikator yang paling mudah untuk mengetahui apakah terdapat kemitraan antara personel Bhabinkamtibmas dengan warga binaan hanya melalui peran masyarakat dalam berkomunikasi dengan bhabinkamtibmas di desanya jika terjadi permasalahan yang mengharuskan peran polri melalui Bhabinkamtobmas.

Permasalahan di desa binaan Bhabinkamtibmas Desa Oebela yang terjadi hari ini (Rabu 19/06/2024) adanya pemotongan 2 (dua) ekor sapi pada lokasi lakamolaanansio pada kebun milik Marthen Adu Yakob Adu dan Marthen Lane.Sedangkan pemilik sapi adalah Simon giri dan juliana henuk.

Untuk mencegah peristiwa ini menjadi berdampak pidana maka langkah bhabinkamtibmas untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan menghadirkan Kepala Desa Oebela Markus Pah,Sekretaris Desa Mikrianus Mbau BPD Desa Oebela Daud Fanggi dan Kepala dusun Oebela Darson Lusi.

Kepada tribratanewsrotendao.com Bhabinkamtoimas Oebela menyatakan bahwa mediasi yang kami lakukan antara para pihak dengan tokoh masyarakat serta aparat desa Oebela dengan tetap mempertahankan kearifan lokal yang ada sedangkan dari saya sebagai bhabinkamtibmas hanya menyampaikan dari segi tindak pidana dan dampak yang terjadi "ungkap Brigpol Iwan Solokana.

Dan puji syukur mediasi ini berjalan aman dan lancar sesuai kesepakatan yang ada dan sesuai kearifan lokal desa bahwa daging dari kedua ekor sapi dibagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu untuk pemilik sapi dan pemilik kebun "tambah Brigpol Iwan Solokana.

Pada tempat yang sama bhabinkamtibmas juga menyampaikan agar pemilih hewan untuk lebih memperhatikan hewan ternaknya serta di ikat maupun di kandang agar mudah dalam pengawasan."tutup Bhabinkamtibmas Desa Oebela ini.

Kepada Tribratanewsrotendao.com Kapolsek RBL menyatakan bahwa Kehadiran Bhabinkamtibmas harus membawa dampak positif bagi warganya.Selalu kami tegaskan bahwa kinerja kita dimasyarakat tidak boleh muncul perasaan memihak pada orang tertentu atau kelompok tertentu karna akan menyulitkan dalam pelaksanaan tugas.walaupun penyampaian kita baik namun akan muncul pemikiran bahwa kita berada pada salah satu pihak,apalagi kita dianggap dimanfaatkan untuk kepentingan orang lain jika kita salah mengambil keputusan.Dalam melakukan problem solving wajib melibatkan aparat desa setempat demi mengakomodir kearifan lokal dimana bhabinkamtibmas saya melaksanakan tugas kepolisian..Kaitan dengan permasalahan Pemotongan Hewan di Desa Oebela sesuai Laporan Bhabinkamtibmas Brigpol Iwan Solokana sudah selesai dan para pihak berdamai dengan kesepakatan sesuai kearifan lokal yang ada"Ungkap Kapolsek RBL IPDA Andri L Pah.S.H. (Bdn_23)