Cooling System Jelang Pemilu Serentak 2024, Kapolres Rote Ndao Turun Sambangi Masyarakat di Pasar

Cooling System Jelang Pemilu Serentak 2024, Kapolres Rote Ndao Turun Sambangi Masyarakat di Pasar
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. saat menemui warga di pasar Busalangga, dalam kegiatan cooling system jelang Pemilu Serentak 2024, Sabtu (09/12).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi wilayah yang aman dan tertib jelang Pemilu Serentak 2024, Polri terus melakukan berbagai terobosan guna keamanan dan kenyamanan masyarakat dapat terwujud, salah satunya dengan cooling system.

Cooling system merupakan upaya menjaga dan mencegah adanya potensi gangguan kamtibmas dengan cara melibatkan berbagai unsur dan komponen, sehingga kamtibmas dapat terjaga dan terkendali. Ini dilakukan oleh seluruh jajaran Polri demi terwujudnya Pemilu yang jujur, adil, aman dan damai.
Seperti halnya yang dilakukan oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. dengan menyambangi salah satu pasar tradisional yang terletak di Desa Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut, Sabtu (09/12/2023).
Pasar mingguan yang beroperasi dua kali seminggu pada hari Rabu dan Sabtu tersebut, menjadi sasaran Kapolres dalam menyampaikan pesan kamtibmas jelang pesta demokrasi Pemilu Serentak 2024. 
Dalam kesempatan tersebut Kapolres yang didampingi Kapolsek Rote Barat Laut IPDA Andri L. Pah, S.H. melakukan dialog langsung dengan masyarakat baik penjual maupun pembeli, dengan mendengar secara langsung keluhan, masukan serta kritikan oleh warga Masyarakat, Kapolres berharap hubungan dan silaturahmi Polri dengan warga tetap terjaga.
Menurut Kapolres, dengan cooling system ini merupakan langkah Polri khususnya Polres Rote Ndao dalam turut menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif jelang Pemilu.
“Ini adalah langkah konkrit dari Polri yang turut serta dalam gelaran demokrasi, penting dan seharusnya situasi kamtibmas jelang pemilu itu aman dan kondusif, dan untuk menciptakan itu perlu adanya kerjasama dan peran serta dari berbagai pihak terutama masyarakat, untuk itu kami juga harapkan dukungan dan peran serta dari masyarakat untuk kita sukseskan Pemilu Serentak 2024,“ tutur Kapolres.
Kapolres juga menekankan kepada jajaran untuk mengutamakan Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) dengan mengoptimalkan patroli yang menargetkan kejahatan konvensional. 
“Petugas harus responsif dan cepat dalam menanggapi laporan serta aduan yang meresahkan masyarakat, jangan sudah terima laporan terus diam, datangi TKP dan tindak lanjuti, kalau bisa diselesaikan secara kekeluargaan laksanakan, yang penting tidak merugikan pihak manapun, kalau memang tidak bisa maka proses sesuai aturan yang berlaku,” tegas Kapolres.
Tak hanya berdialog dengan warga, Kapolres juga melakukan pengecekan harga barang dan sembako, dirinya berharap harga barang dan sembako tidak dinaikkan sepihak apalagi saat jelang Natal dan Tahun Baru. (6n)