Cegah Karhutlah, Polres Rote Ndao Gelar Operasi Bina Karuna Turangga 2023

Cegah Karhutlah, Polres Rote Ndao Gelar Operasi Bina Karuna Turangga 2023
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. saat memberikan arahan kepada personel Polres Rote Ndao, (dok humas).

www.tribratanewsrotendao.com  –  Rote, Dalam rangka mencegah adanya kekaran hutan dan lahan, jajaran Kepolisian Resor Rote Ndao akan menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi “Operasi Bina Karuna Turangga Tahun 2023” selama 14 hari kedepan.

Kepala Kepolisian Resor Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST, M.K.P. mengungkapkan bahwa operasi yang digelar mulai dari tanggal 28 Agustus hingga 10 September 2023 ini menitik beratkan tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"Operasi ini kita gelar dalam rangka pencegahan dan penanggulangan terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) khususnya di wilayah Kabupaten Rote Ndao, kita tahu bahwa saat ini seluruh wilayah NTT sudah memeasuki musim panas dan kering,” ungkap Kapolres, Sabtu (26/08/2023).

Kapolres menambahkan, beberapa waktu lalu di wilayah Kecamatan Rote Tengah sempat terjadi adanya kebakaran lahan yang menimbulkan dampak terganggunya aktivitas dan mobilitas masyarakat.

"Kalau ada kebakaran pasti akan berdampak, aktivitas dan mobilitas masyarakat bisa terganggu,  beruntung kemarin itu kita bertindak cepat jadi dampaknya tidak meluas," tuturnya.

Untuk itu, dengan digelarnya operasi ini, kita mengambil langkah preemtif antara lain pemetaan lokasi titik panas api (hotspot), deteksi dini, melakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat, serta berkoordinasi dengan berbagai instansi lainnya dalam hal pencegahan dan penanggulangan, imbuhnya.

Dengan peran serta masyarakat, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, pemerintah setempat dan stakeholder terkait diharapkan mampu berkolaborasi dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. (6n)