Bersama BNNK Rote Ndao, Sat Narkoba Polres Rote Ndao Tes Urine Puluhan Warga Binaan Lapas Ba’a

Bersama BNNK Rote Ndao, Sat Narkoba Polres Rote Ndao Tes Urine Puluhan Warga Binaan Lapas Ba’a
Suasana pemeriksaan dan tes urine bagi seluruh penghuni Lapas Kelas III Ba'a dan pegawai dalam rangka pencegahan peredaran narkoba di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan oleh BNNK Rote Ndao dan Sat Narkoba Polres Rote Ndao, Senin (29/07).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Guna mengantisipasi peredaran narkoba di dalam rumah tahanan (Rutan), Satuan Narkoba Polres Rote Ndao bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Rote Ndao melakukan penggeledahan badan, barang dan kamar/blok narapidana sekaligus tes urine untuk seluruh penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan pegawai serta petugas Lapas Kelas III Ba'a, Senin (29/07/2024).

Kegiatan digelar sebagai bagian dari rangkaian dalam rangka memperingati Hari Pengayoman Tahun 2024.

Kasat Narkoba Polres Rote Ndao AKP Marthen Antonius Balukh mengungkapkan bahwa pemeriksaan urine ini merupakan kolaborasi dan sinergitas Sat Narkoba Polres bersama dengan BNNK Rote untuk upaya cegah peredaran Narkotika di lingkungan Lapas.

"Mencegah lebih baik daripada mengobati, demikian kiranya kegiatan ini digelar, bersama dengan BNNK Rote, kami sengaja untuk melakukan tes urine bagi seluruh penghuni Lapas dan juga petugas Lapas, selain sebagai upaya pencegahan ini juga merupakan langkah untuk selalu waspada mengantisipasi masuknya obat-obatan terlarang ke dalam (rutan)," ujar Kasat.

Selanjutnya Kasat Narkoba menyatakan bahwa kasus peredaran narkoba yang masuk ke dalam rutan sudah sering kali terjadi. Sehingga, dengan diadakanya pemeriksaan dan tes urine ini memberikan pesan kamtibmas baik kepada warga binaan sekaligus pegawai yang diharapkan ikut memberantas peredaran narkoba.

"Pada prinsipnya peredaran narkoba harus diberantas, bukan hanya di Tengah Masyarakat, narkoba juga sudah masuk ke dalam instansi pemerintahan, untuk itu kami di Rote berkomitment untuk Bersama perangi narkoba,” imbuhnya.

Diketahui bahwa 70 warga binaan Lapas Kelas III Ba’a yang terdiri dari 69 orang laki-laki dan 1 orang perempuan serta 32 orang pegawai Lapas diperiksa dan dites urine dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Lapas Kelas III Ba'a Kornelis Keli, S.H., Plt. Kepala BNN Kabupaten Rote Ndao Hendrik Lelis, S.H. beserta anggota, personel Kodim 1627/Rote Ndao dan anggota Sat Narkoba Polres Rote Ndao. (6n)