Tanda Dimulainya Operasi Ketupat 2024, Polres Rote Ndao Laksanakan Apel Gelar Pasukan Bersama Inskait

Tanda Dimulainya Operasi Ketupat 2024, Polres Rote Ndao Laksanakan Apel Gelar Pasukan Bersama Inskait
Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu SH, MA, MH. yang didampingi oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P., Dandim 1627/Rote Ndao Letkol Inf. Albert Inkiriwang, S.I.P., serta Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Andrik Irwanto saat menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan dalam acara Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2024 di Mapolres Rote Ndao, Rabu (03/04).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Dalam rangka persiapan pengamanan Perayaan Idul Fitri 1445 H / Tahun 2024 sekaligus pengamanan arus mudik, Kepolisian Resor Rote Ndao melaksanakan Apel Gelar Pasukan bersama instansi terkait.

Apel gelar pasukan yang dilaksanakan di lapangan apel Mapolres itu dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Rote Ndao Oder Maks Sombu SH, MA, MH. yang didampingi oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P., Dandim 1627/Rote Ndao Letkol Inf. Albert Inkiriwang, S.I.P., serta Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Andrik Irwanto, Rabu (03/04/2024).

Adapun sebagai Perwira Upacara Kabag Ops AKP Aries Dharma Putra, M.H. dan Kasat Samapta IPTU Naftali Johannis Eduard Lede sebagai komandan apel.

Pj. Bupati yang dalam amanatnya membacakan amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia mengatakan bahwa apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Berdasarkan survei Indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5% atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2022. Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini.

“Operasi ini melibatkan 5.784 pos, termasuk pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu, yang tersebar di jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Pelayanan prima dan pengamanan optimal diharapkan dapat diberikan melalui pos-pos tersebut,” ucap Pj. Bupati.

Lanjut, selain mengamankan lalu lintas dan kamtibmas, stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok serta BBM juga harus terjaga. Koordinasi antar-stakeholder harus ditingkatkan untuk menjaga stok dan harga tetap stabil.

Komunikasi publik yang efektif juga menjadi fokus, dengan menyediakan informasi yang diperlukan melalui berbagai saluran komunikasi agar masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan nyaman.

“Semua upaya tersebut diharapkan dapat menghasilkan “mudik aman, ceria, penuh makna”, serta mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan masyarakat selama momentum hari raya Idul Fitri,” imbuhnya.

Di akhir amanatnya, Kapolri menyampaikan terima kasih kepada seluruh personel pengamanan dan stakeholder terkait atas partisipasinya dalam mendukung Operasi Ketupat 2024. Sinergi antar-stakeholder terkait diharapkan menjadi kunci keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Tak lupa Kapolri juga mengucapkan selamat kepada umat muslim yang merayakan Puasa dan Idul Fitri.

“Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh umat Islam yang merayakan, semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci,” tutup Kapolri.

Adapun perserta dalam apel gelar pasukan diantaranya personel Kodim 1627/Rotendao, personel Lanal Pulau Rote, personel Polres Rote Ndao, personel Satpol PP Kabupaten Rote Ndao, personel PLN Rote Ndao dan personel Dinas Perhubungan Kabupaten Rote Ndao.

Hadir pula di tenda undangan antara lain Kepala Kejaksaan Negeri Rote Ndao Budi Narsanto, SH., Ketua FKUB Kabupaten Rote Ndao Pdt. Mariana J. B. B. Sirah, S. Th., Kepala Bandara D.C. Saudale Charles Malaikosa, Pasi Ops Kodim 1627 Rote Ndao LETDA David Mooy, Perwira Lanal Pulau Rote, Para PJU Polres Rote Ndao, Perwakilan Basarnas Wilker Rote Ndao serta tamu undangan lainnya dan insan pers. (6n)