“Siaga dan Waspada”, Himbauan Kapolda NTT Menyikapi Anomali Cuaca Hujan dan Angin Yang Ekstrem

“Siaga dan Waspada”, Himbauan Kapolda NTT Menyikapi Anomali Cuaca Hujan dan Angin Yang Ekstrem
Imbauan Kapolda NTT Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A. menghadapi cuaca ekstrem, (red).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, “Mencermati kondisi cuaca dimana curah hujan yang intensitasnya semakin meningkat, ditambah angin kencang, perubahan dan perkembangan yang tidak menentu yang dapat menimbulkan banjir yang melanda beberapa wilayah, tanah longsor yang kemungkinan menimpa rumah rumah penduduk & memblokade jalan serta gelombang laut yang besar, agar seluruh Pejabat Utama Polda NTT dan Polres jajaran menjadi atensi,” ucapnya.

Demikian atensi dan arahan Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., kepada seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda NTT dan Polres jajaran menghadapi situasi anomali curah hujan dan angin kencang yang cukup ekstrem saat ini di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur, Rabu (13/03/2024).

Kapolda juga memberikan arahan dan langkah antisipasi dalam rangka pencegahan, penanganan yang cepat/segera dan nyata, diantaranya :

  1. Memberikan himbauan dan pemahaman kepada seluruh masyarakat agar waspada akan adanya bencana banjir, longsor dan gelombang laut/ombak yang semakin tinggi.
  2. Membersihkan gorong-gorong, parit dan selokan sehingga dapat mengalirkan debit air yang meningkat.
  3. Menghimbau kepada masyarakat nelayan agar untuk sementara waktu tidak turun melaut sampai cuaca bersahabat.
  4. Mengingatkan transportasi laut untuk lebih waspada, kalau harus melaut untuk tidak membawa beban yang berlebihan, kondisi sarana angkut harus prima, perlengkapan keselamatan laut dicek dan diperlengkapi.
  5. Menyiagakan semua kekuatan dan peralatan yang kita miliki untuk dapat segera memberikan pertolongan kepada masyarakat yang tertimpa bencana.
  6. Ditpolair agar mengecek semua kesiapan kapal & alat bantu keselamatan laut sehingga siap digerakkan untuk menolong masyarakat.
  7. Satbrimobda dan Ditsamapta menyiapkan pasukan dan sarpras yang dimiliki (perahu karet, kendaraan berat dan kendaraan angkut, peralatan pertolongan lainnya untuk bisa digerakkan dan didayagunakan membantu masyarakat. (sekarang TTS sedang banjir agar segera bisa membantu masyarakatnya)
  8. Berkoordinasi dengan Pemda setempat, Kodim dan Unsur TNI yang ada di wilayah untuk bersama-sama bergerak dan ambil tindakan.
  9. Upayakan semampunya memberikan bantuan sosial berupa makanan dan pakaian/kebutuhan utama dengan membuka posko bencana dan dapur lapangan.
  10. Laporkan setiap perkembangan pada kesempatan pertama kepada pimpinan.

Diharapkan seluruh masyarakat Nusa Tenggara Timur khususnya di wilayah Kabupaten Rote Ndao selalu waspada dan siaga mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi akibat cuaca ekstrem saat ini.

Dan apabila mengetahui atau mengalami langsung adanya kejadian bencana atau pohon tumbang serta kejadian lainnya agar segera melaporkan kepada pihak berwenang. (6n)