Operasi Patuh Digelar, Ini Yang Akan Dilakukan Polres Rote Ndao

Operasi Patuh Digelar, Ini Yang Akan Dilakukan Polres Rote Ndao
Kapolres Rote Ndao AKBP Felli Hermanto, SIK, M.Si saat menyematkan pita tanda operasi kepada perwakilan dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Ranakah 2021, di lapangan apel Mapolres pagi ini, (20/09).

www.tribratanewsrotendao.com, Rote – Serentak Seluruh Indonesia, mulai hari ini hingga tanggal 03 Oktober 2021 mendatang, Operasi Kepolisian dengan Sandi Operasi Patuh 2021 mulai digelar.

Operasi yang digelar untuk menertibkan masyarakat khususnya bidang lalu-lintas ini menitik beratkan dengan penindakan agar masyarakat patuh dan taat demi terwujudnya Kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu-lintas).

Namun berbeda di tahun ini, Operasi Patuh yang digelar masih di masa pandemi ini lebih mengedepankan edukasi tentang protokol kesehatan dan bantuan sosial demi membantu masyarakat yang membutuhkan karena terdampak Pandemi Covid-19, namun tidak terlepas dari sasaran operasi, masyarakat diharapkan tetap mematuhi aturan berlalu-lintas.

Dan untuk menandai digelarnya Operasi Patuh di wilayah Hukum Polres Rote Ndao, pagi ini dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Ranakah 2021, yang digelar di lapangan apel Mapolres Rote Ndao, Senin (20/09/21).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Rote Ndao AKBP Felli Hermanto SIK, M.Si, Perwira Upacara Kasat Lantas Polres Rote Ndao AKP Wastoro dan Komandan Upacara IPDA Jacob S. Bessie.

Kapolres yang dalam amanatnya, membacaan amanat Kapolda NTT tersebut menyampaikan bahwa Operasi Patuh yang digelar ini diharapkan dapat mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu lintas, meningkatkan kualitas kesalamatan dan menurunkan tingkat korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Permasalahan Bidang Lalu Lintas telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dalam meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, perkembangan transportasi juga telah memasuki era digital dan modernisasi sehingga kinerja poLri khususnya Polantas harus mampu mengantisipasi segala dampak yang akan terjadi”, ucap Kapolres dalam amanatnya.

Operasi Patuh ini merupakan jenis Operasi Harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis dalam meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas dengan menetapkan protokol kesehatan, imbuhnya.

Dan menutup amanatnya, Kapolda NTT menekankan agar dalam pelaksanaan operasi selalu melakukan deteksi dini dan pemetaan lokasi tempat rawan kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, melakukan pembinaan kepada seluruh masyarakat tentang Kamseltibcarlantas, hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak Citra Polri, wujudkan Kamseltibcarlantas dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan, dan selalu memanjatkan doa agar kegiatan dapat memberikan dampak dan manfaat positif bagi masyarakat.

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan, Wakapolres Rote Ndao Kompol I Nyoman Surya Wiryawan, SH, para PJU Polres Rote Ndao, Kapolsek jajaran serta pasukan upacara dari Satuan Lalu-lintas, Satuan Samapta, Satuan Intel Reskri dan Staf serta perwakilan Polsek jajaran. (6”nur)