Gandeng Bhabinkamtibmas, Nakes Puskesmas Rote Timur Berikan Sosialisasi Vaksin Dan Imunisasi

Gandeng Bhabinkamtibmas, Nakes Puskesmas Rote Timur Berikan Sosialisasi Vaksin Dan Imunisasi
Bhabinkamtibmas Desa Faifua BRIPKA Jeffry Alexander K. Adipapa bersama tenaga kesehatan Lusiana B. Penu, Am.d, Keb dan Ardy F. S. Lau, SKM saat memberikan sosialisasi Vaksinasi dan Imunisasi di SD N Oesosole, Kamis (17/02).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao melalui UPTD Puskesmas Eahun Kecamatan Rote Timur, mulai gencar melakukan sosialisasi Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun dan Imunisasi Measles Rubella (MR) atau Imunisasi Campak dan Rubella.

Salah satunya yang dilaksanakan hari ini di SD Negeri Oesosole, Dusun Oesosole, Desa Faifua, Kecamatan Rote Timur, Kamis (17/02/2022).

 Dengan menggandeng Bhabinkamtibmas Desa Faifua, tenaga kesehatan yang dipimpin Ibu Lusiana B. Penu, Am.d, Keb bersama satu orang tenaga kesehatan Ardy F. S. Lau, SKM, memberikan sosialisasi kepada seluruh orang tua murid SD N Oesosole.

Di depan puluhan orang tua murid, Lusiana Penu menjelaskan akan pentingnya Vaksinasi Covid-19 dan Imunisasi Campak. Dikatakannya saat ini pemerintah pusat sedang meluncurkan program Vaksinasi Covid-19 khusus bagi anak-anak usia 6-11 Tahun.

“Vaksinasi anak itu sangat penting, oleh karena itu Pemerintah sudah sangat perhatian terhadap anak, dimana buktinya beberapa waktu lalu setiap orang dewasa sudah diberikan vaksin dan saat ini akan diberikan kepada anak-anak, oleh karena itu mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk kesehatan anak kita bersama, “ jelas Lusiana.

Yang pasti vaksin yang akan diberikan kepada anak sudah melalui uji klinis yang panjang dan pastinya aman dan sehat kepada anak-anak, nantinya penyuntikan vaksin dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 ml. Vaksinasi diberikan sebanyak dua kali dengan interval minimal 28 hari. Sebelum pelaksana vaksinasi harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi, imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, juga diberikan sosialiasi tentang Campak dan Rubella, Ibu Lusiana juga mengajak agar seluruh orang tua turut aktif dan mendukung sukesnya pelaksanaan Imunisasi, dikatakannya penyakit Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui nafas yang disebabkan oleh virus Campak dan Rubella.

"Campak dan Rubella sangat menular, anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi atau yang belum mengalami penyakit tersebut berisiko tinggi tertular penyakit, untuk itu lebih baik sejak awal kita sudah bentengi anak-anak kita dengan imunisasi," ujar Lusiana.

Sementara itu Bhabinkamtibmas Desa Faifua BRIPKA Jeffry Alexander K. Adipapa, juga turut memberikan dorongan agar seluruh orang tua memberikan ijin kepada anak-anak mereka untuk mengikuti Vaksinasi dan Imunisasi.

“Saya harapkan kepada seluruh orang tua dapat memberikan ijin kepada anaknya untuk dapat mengikuti Vaksinasi dan Imunisasi, Vaksinasi dan Imunisasi ini sangat penting demi tumbuh kembang mereka, saya pribadi juga memahami apabila ada orang tua yang masih ragu untuk memberikan ijin kepada anaknya, namun yakin dan percaya bahwa apa yang sudah diprogramkan ini semua baik, namun apabila masih ada juga yang ragu untuk dapat berkosultasi dan berkoordinasi dengan pihak kesehatan sehingga dapat paham betul akan ini, jadi jangan langsung menolak tanpa ada alasan yang jelas,” pinta Bripka Jefri. (6nur)