Berumur Tua, Sebuah Pohon Mangga Tumbang Timpa Rumah Warga di Namodale

Berumur Tua, Sebuah Pohon Mangga Tumbang Timpa Rumah Warga di Namodale
Personel Polsek Lobalain bersama warga saat mengevakuasi dahan dan ranting pohon mangga yang tumbang dan menimpa rumah warga di RT. 008/RW. 003, Kelurahan Namodale, Kecamatan Lobalain, Sabtu (24/08).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Akibat sudah berusia tua ditambah dengan hembusan angon kencang, sebuah pohon mangga tumbang dan menimpa rumah warga di RT. 008/RW. 003, Kelurahan Namodale, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (24/08/2024).

Kapolsek Lobalain IPTU I Nyoman Suwasta membenarkan akan hal itu, menurut Kapolsek usai kejadian tersebut anggota Polsek langsung menuju ke lokasi guna membantu warga.

“Usai mendapat laporan, anggota langsung menuju lokasi guna membantu warga, dengan peralatan yang ada anggota bersama warga langsung memotong dan membersihkan dahan-dahan pohon yang tumbang,” tutur Kapolsek.

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, namun rumah milik George Leba yang ditempati oleh Esron Fatu itu mengalami kerusakan di beberapa tempat. Kerugian ditaksir hingga jutaan, namun belum dapat dipastikan karena masih dalam perhitungan.

Beberapa kerusakan yang diakibatkan pohon tumbang diantaranya dapur rumah (semi permanen) mengalami rusak berat, WC (semi permanen) mengalami rusak berat dan rumah tinggal (semi permanen) sebagian seng/atap rusak.

Atas kejadian ini, pihak Polsek Lobalain juga sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rote Ndao guna mendatangkan peralatan yang memadai untuk mengevakuasi batang pohon.

Diketahui pada saat kejadian bencana tersebut, rumah dalam kosong karena warga yang menempati rumah sudah mengungsi ke rumah mertua Melki Natun, sebelumnya Esron Fatu penghuni rumah bersama keluarga pada hari Jumat (23/08) kemarin sudah mendengar bunyi batang pohon mangga tanda-tanda akan patah.

“Beruntung tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, penghuni rumah sudah mengantisipasinya dan mengungsi karena sudah mendengar akan tanda-tanda pohon patah,” ujar Kapolsek.

Dalam kesempatan ini, Kapolsek juga menghimbau warga untuk selalu berhati-hati apalagi saat ini musim angin, diharapkan warga untuk peduli dengan pohon besar di sekitar lingkungan rumah, bila sudah ada tanda-tanda akan tumbang dapat menghubungi Polsek atau pihak BPBD guna diantisipasi dari awal. (6n)