Apel Personel Power On Hand Kapolres Dalam Operasi Mantap Praja Turangga 2024

Apel Personel Power On Hand Kapolres Dalam Operasi Mantap Praja Turangga 2024
Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono,S.ST.,M.K.P, saat memimpin apel pengecekan personel yang tergabung dalam tim Power On Hand di Mapolres, Senin (07/10).

www.tribratanewsrotendao.com – Rote, Kesiapan Polres Rote Ndao dalam mengamankan setiap tahapan kampanye yang dilakukan oleh masing masing pasangan calon peserta Pilkada 2024 hingga hari ini masih berjalan dengan aman dan kondusif.

Setiap personel Polres Rote Ndao yang terlibat dalam surat perintah Operasi Mantap Praja Turangga 2024 diwajibkan untuk selalu melakukan pengamanan sesuai atas penerbitan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) yang disampaikan dari masing masing pasangan calon tentang jadwal kampanye.

Hari ini, satu langkah penting diambil oleh Kapolres Rote Ndao AKBP Mardiono, S.ST., M.K.P dengan melakasanakan apel gabungan personel Polres Rote Ndao dan personel Brimob Batalyon A Kompi II sebagai tim respon cepat gangguan kamtibmas selama tahapan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kabupaten Rote Ndao, Senin (07/10/2024).

Apel gabungan yang dipimpin langsung oleh Kapolres tersebut, melibatkan 101 personel yang terdiri dari 66 Personel Polres Rote Ndao dan 35 personel Brimob, serta dihadiri oleh Kabag Ops AKP Aries Dharma Putra, S.E., M.H, Komadan Kompi II Batalyon A Pelopor IPTU Robi N.P. Ndu Ufi, S.H., Wadanki II Yon AIPDA Albert I Dhores, Danton 1 IPDA Simon Meyok serta Pa Ops Aiptu Keni Dulenlebit.

Dalam arahannya, Kapolres memberikan penekanan kepada seluruh personel yang terlibat dalam Power On Hand untuk menjadi pedoman, diantaranya sebagai berikut :

  1. Jaga kesehatan; 
  2. Jaga kondisi tubuh untuk tetap prima; 
  3. Lakukan kegiatan positif seperti olah raga, latihan PBB, Dalmas dan Wanteror Brimob guna mendukung kondisi fisik dan mental; 
  4. Selalu siap digerakkan setiap saat kapan pun juga ketika dibutuhkan;
  5. Hindari pelanggaran sekecil apapun.

"Secara struktur Operasi Kewilayahan OMP Turangga 2024, penggunaan personel Brimob untuk melaksanakan kegiatan operasi merupakan kewenangan Kapolda NTT, namun personel "power on hand" Kapolres dalam mengamankan tahapan Pilkada Serentak 2024 bisa melibatkan personel Brimob karena Kompi Brimob di Rote sudah terbentuk," jelas Kapolres.

Tim Power on hand OMP Turangga 2024 Polres Rote Ndao,​​​​​​ nantinya akan dilibatkan saat memasuki tahapan Masa Tenang, Pemungutan Suara dan Rekapitulasi Suara pada tingkat Kecamatan hingga pada tingkat KPU Kabupaten, imbuhnya.

Tim ini harus dalam status siaga penuh, agar sewaktu waktu diperlukan saat terjadi suatu peristiwa yang mengharuskan tim Power on hand hadir untuk melakukan tindakan Kepolisian maka seluruh personel sebanyak 101 orang dalam kondisi siap untuk digerakkan untuk menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif, tambah Kapolres.

Selanjutnya, Kabag Ops mengatakan bahwa pelibatan personel Brimob Kompi II Batalyon A Pelopor Rote Ndao sesuai rencana dalam Operasi Pantap Praja Turangga 2024 nantinya Polres akan menerbitkan surat perintah untuk pelaksanaan tugas selanjutnya.

"Dengan adanya Tim Power On Hand yang akan dikendalikan langsung oleh Kapolres sesuai arahan dan petunjuk Kapolda NTT, selanjutnya tim ini akan bekerja dan bertugas untuk menekan potensi gangguan keamanan selama pelaksanaan Pilkada Serentak 2024," ungkap Kabag Ops.

Sementara itu, Danki II Batalyon A Pelopor Rote Ndao membeberkan tugas Tim Power on Hand Kapolres, dirinya menyebut bahwa tim ini merupakan tim pemukul akhir dalam menghadapi gangguan kamtibmas yang menganggu jalannya tahapan Pilkada.

"Tim ini adalah tim pemukul terakhir  jika terjadi suatu eskalasi kamtibmas yang berpotensi menyebabkan gangguan kamtibmas dan menganggu jalannya tahapan Pilkada Serentak 2024," ungkap IPTU Robi. (Bdn_23)