Akibat Hujan Dan Angin Kencang, Satu Pohon Tumbang Sebabkan Arus Lalin Terganggu

Akibat Hujan Dan Angin Kencang, Satu Pohon Tumbang Sebabkan Arus Lalin Terganggu
Proses evakuasi pohon tumbang oleh personel Satuan lalu-lintas Polres Rote Ndao bersama BPBD Kabupaten Rote Ndao, (30/03)

www.tribratanewsrotendao.com, Rote – Hujan dan angin kencang sebabkan satu pohon tumbang dan menghalangi jalan raya Ba’a, Leter S, Lobalain, Selasa (30/03/2021).

Kasat Lantas Polres Rote Ndao AKP Wastoro mengatakan bahwa pihaknya usai menerima laporan adanya pohon tumbang langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Rote Ndao untuk evakuasi pohon tersebut.

“Kami langsung kerahkan anggota ke lokasi untuk evakuasi pohon tumbang, dengan dibantu oleh BPBD Kabupaten Rote Ndao, jalannya evakuasi semakin cepat”, jelas Kasat.

Tidak diketahui pasti waktu kejadian pohon tumbang, pasalnya saat aktifitas masyarakat mulai berjalan pagi hari, pohon sudah menghalangi jalan, beruntung dengan kejadian ini tidak ada korban, imbuh Kasat Lantas.

Namun, akses jalan dari dan menuju Kota Ba’a itu sementara ditutup, sehingga untuk kendaraan roda 4 dan kendaraan besar lainnya untuk sementara dialihkan.

Diketahui sejak malam hingga dini hari tadi, angin kencang disertai hujan melanda Kota Ba’a dan sekitarnya. Hal ini mengakibatkan satu pohon kedondong yang berada di ruas jalan Ba’a Utomo tumbang dan menghalangi jalan.

Situasi ini menimbulkan kemacetan hingga beberapa waktu, Satuan Lalu-lintas Polres Rote Ndao merekayasa arus lalu-lintas terlebih khusus untuk kendaraan roda 4, dimana kendaraan tersebut diarahkan untuk melalui jalan Baadale, sedangkan untuk roda 2 masih dapat melalui jalan tersebut setelah beberapa ranting besar yang telah dipotong dan disingkirkan.

Setelah sekitar tiga jam berselang, evakuasi pohon yang diperkirakan setinggi 25 meter tersebut akhirnya berhasil dan arus lalu-lintas kembali normal. (6”nur)