Bersama Kita Lawan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Bentuk Apapun : Kapolsek Pantai Baru

Bersama Kita Lawan Kekerasan Terhadap Anak Dalam Bentuk Apapun : Kapolsek Pantai Baru
Kapolsek Pantai baru IPDA I Gede P Parwata,S.H menjadi narasumber pada Kegiatan Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Bersama DInas Sosial Kabupaten Rote Ndao (Kamis 26/9/2024)

www.tribratanewsrotendao.com.Rote . Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3P2KB) Kabupaten Rote Ndao mengadakan kegiatan edukasi di Desa Oeledo, Kecamatan Pantai Baru, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perlindungan anak.Kamis (26/9/2024)

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari kepolisian dan dinas sosial untuk membahas isu-isu terkait kekerasan terhadap anak, anak yang berhadapan dengan hukum, dan perkawinan anak.

Kapolsek Pantai Baru, Ipda I Gede Putu Parwata, S.H., sebagai salah satu narasumber utama, menekankan peran penting kepolisian dalam mencegah dan menangani kasus kekerasan terhadap anak.

Dalam pemaparannya, Kapolsek menguraikan berbagai langkah preventif yang dilakukan oleh pihak kepolisian, serta pentingnya keterlibatan semua elemen masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari kekerasan bagi anak-anak.

"Dalam penangan kasus tindak pidana dengan anak sebagai korban,akan ditangani oleh Unit PPA sat reskrim polres rote ndao dan korban akan mendapat pendampingan dari dinas sosial"

“Pencegahan kekerasan terhadap anak bukan hanya tugas kepolisian, tetapi tanggung jawab kita semua. Melalui kerjasama dan kepedulian bersama, kita dapat melindungi anak-anak kita dari berbagai bentuk kekerasan,” ujar Ipda I Gede Putu Parwata, S.H.

Selain itu, Gusti dari Dinas Sosial Kabupaten Rote Ndao turut memberikan pemahaman mengenai dukungan sosial yang tersedia bagi anak-anak dan keluarga yang membutuhkan, serta bagaimana masyarakat dapat mengakses bantuan tersebut.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kabid Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak DP3P2KB, Abdon Manafe, A.Md., beserta staf, Sekcam Pantai Baru, Meiksiana Saek, Pj. Kepala Desa Oeledo, Ronald Gipson Manuk, S.Pd., Bhabinkamtibmas Aipda Justy Laihe, Bhabinsa Serda Jesinto Meco, serta tokoh agama, tokoh perempuan, remaja, guru, dan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Pantai Baru juga menyampaikan imbauan kepada seluruh peserta untuk bersama-sama menciptakan Pilkada Rote Ndao yang aman dan damai.

Kapolsek juga mengajak masyarakat untuk menjaga ketertiban dan tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu negatif yang dapat memecah belah.

Kegiatan ini diharapkan membawa dampak positif bagi masyarakat serta kerjasama seluruh pihak untuk mampu memproteksi anak dari hal hal negatif demi menjamin dan melindungi anak dari hak haknya untuk hidup,tumbuh dan berkembang serta berinterkasi secara optimal dalam masyarakat "imbuh Kapolsek IPDA I Gede P Parwata,S.H.. (Bdn_23)